Environment

Pj Wali Kota Pimpin Aksi Bersih Sungai Lahundape

×

Pj Wali Kota Pimpin Aksi Bersih Sungai Lahundape

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu., AP., M.Si., hadir membuka kegiatan susur sungai dan bersih-bersih sungai Lahundape Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kamis (27/7) pagi.

Pj Wali Kota Kendari dalam sambutannya mengatakan, perkembangan sebuah kota atau kawasan adalah konsekuensi logis dari usaha pemerintah dan masyarakatnya dalam meningkatkan taraf hidup dan geliat ekonomi sebuah kota. Sehingga perkembangan ini ditandai dengan bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya kegiatan perekonomian masyarakat, meluasnya kawasan pemukiman dan permukiman warga, bertambahnya fasilitas umum dan sosial serta meningkatnya indikator-indikator sosial ekonomi masyarakat.

“Kota sebagai bagian terpadat dari suatu wilayah membutuhkan sarana prasarana infrastruktur yang memadai untuk mendukung aktivitas manusia yang tinggal di wilayah tersebut. Laju peningkatan penduduk saat ini hampir tidak dapat dibarengi oleh ketersediaan atau penambahan prasarana perkotaan yang memadai.” Jelasnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Kendari terus melakukan pembenahan dan penataan kota, serta membuat sebuah rencana kerangka (outline plan) untuk semua infrastruktur tersebut. Sistem drainase ini merupakan sarana prasarana kota, ia menyebut sistem drainase yang baik akan mencegah terjadinya banjir dan genangan, serta meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan sebuah kota.

“Penataan sistem drainase merupakan salah satu usaha dalam pengelolaan sumberdaya air dan lingkungan. Dengan sistem drainase, maka tata kelola air buangan atau kelebihan air, baik air setelah dipakai untuk berbagai kebutuhan maupun air kelebihan dari air hujan, akan tertata dengan baik sehingga pada akhirnya diharapkan usaha konservasi air dan peningkatan kualitas kesehatan lingkungan dan masyarakat dapat tercapai.” Ujarnya.

Penataan sistem drainase juga merupakan salah satu usaha pengendalian banjir. Sebab salah satu masalah penting kawasan perkotaan adalah, upaya penanganan banjir dan genangan yang membawa dampak menurunnya kualitas lingkungan.

Aksi susur sungai ini dihadiri Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Balai prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tenggara (Sultra), BP2JK Sultra dan Kepala OPD terkait lingkup Pemkot Kendari. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *