Pariwisata

Pj Gubernur Sultra Kunjungi Pameran UMKM di Wakatobi Wave 2023, Peluang Baru untuk Pengusaha Indonesia

×

Pj Gubernur Sultra Kunjungi Pameran UMKM di Wakatobi Wave 2023, Peluang Baru untuk Pengusaha Indonesia

Sebarkan artikel ini

Wakatobi, suarakendari.com – Perhelatan Wakatobi Wonderfull and Expo atau Wakatobi Wave resmi diselenggarakan selama lima hari kedepan. Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto di dampingi Bupati Wakatobi Haliana, mengunjungi satu persatu stand pameran yang digelar menampilkan produk hasil karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Wakatobi,pada Jumat (3/11/2023) malam.

Pameran UMKM di Wakatobi Wave 2023 Sulawesi Tenggara menawarkan peluang baru bagi para pengusaha Indonesia. Pameran ini bertujuan untuk memberikan platform bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka dan menjalin kemitraan dengan perusahaan besar. Selain itu, pameran ini juga mencerminkan upaya Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan mendukung ekonomi nasional.

Seperti diketahui, dukungan Pemerintah sangat penting dalam mendorong pertumbuhan UMKM dan ekonomi nasional secara keseluruhan. Kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional UMKM memainkan peran yang sangat penting dalam ekonomi nasional Indonesia. UMKM menyumbang lebih dari 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menciptakan lebih dari 97% lapangan kerja di negara ini. Oleh karena itu, dukungan Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UMKM adalah sangat penting dalam mencapai tujuan ekonomi nasional.

“Pameran UMKM di Wakatobi Wave 2023 adalah peluang baru bagi para pengusaha Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan penjualan, serta membangun jaringan kemitraan baru. Dukungan Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan UMKM adalah penting untuk mencapai tujuan ekonomi nasional. Oleh karena itu, kita harus mendukung dan mempromosikan inisiatif seperti pameran UMKM di Wakatobi Wave 2023 untuk memperkuat ekonomi nasional kita,”jelas Andap.

Selain melakukan peninjauan Pj Gubernur Sultra berdialog dengan pelaku UMKM dan membeli beberapa produk kerajinannya.

Pj Gubernur Andap mengapresiasi Wakatobi Wave karena diberi kehormatan menjadi salah satu tuan rumah dari event pariwisata nasional.

“Kegiatan itu dapat menjadi faktor kebangkitan ekonomi melalui peningkatan kunjungan wisata nusantara termasuk mancanegara dalam bingkai program bangga berwisata di Indonesia,” kata Andap Budhi Revianto.

Menurut mantan Kapolda Sultra itu, event Wakatobi Wave sebagai ruang kreasi, ekspresi, dan partisipasi bagi seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif di Wakatobi.

“Kegiatan itu juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui kunjungan wisatawan,” tegas Pj Gubernur Andap.

Ia berharap pelaku industri kreatif dan UMKM di Wakatobi dapat naik kelas. Sehingga bisa meningkatkan kapasitas, dan melahirkan lokal enterpreneur inovatif yang memiliki kekuatan imajinasi, kreativitas dan dapat merangsang terciptanya ekosistem ekonomi kreatif yang kuat.

Melalui kegiatan pameran UMKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan penjualan melalui berbagai program yang akan diselenggarakan di pameran. Selain itu, pameran ini juga akan menjadi kesempatan bagi para pengusaha untuk bertemu dengan pelaku pasar lainnya dan membangun jaringan kemitraan baru.

Sebelumnya pada Kamis (2/11/2023) Menkop UKM Teten Masduki meresmikan Expo UMKM ini dalam rangkaian acara Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi WAVE). Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *