Jelajah

Pesona Alam Pulau Saponda Laut

×

Pesona Alam Pulau Saponda Laut

Sebarkan artikel ini

Saya baru saja tiba di pulau Saponda Laut. Pulau yang dihuni mayoritas suku laut, bajo. Jarak Pulau saponda laut dan pulau hari sebenarnya relatif sama. Hanya saja, Pulau Saponda Laut lebih ke utara dan langsung berhadapan laut lepas sehingga waktu tempuhnya sedikit lebih lama karena terpaaan ombak yang lebih besar. Dengan menggunakan katinting, waktu tempuhnya tidak lebih dari 90 menit.

Namun, pada musim musim tertentu perahu katinting tidak berani mendatanginya. Apalagi saat saat musim jennekebo atau musim tenggara yang berada antara bulan januari dan februari.

Menurut penduduk setempat, pulau ini harus diwaspadai, selain karena ombak besar yang konon telah sering menelan korban jiwa, juga ada kemungkinan perompak di sekitar pulau ini. Namun itu cerita lampau, sebelum ada pos polisi air di pulau ini.

Sebagai tempat wisata, pulau ini amat indah. Pasir putih, pantai yang landai, kumpulan pohon yang cukup lebat, gazebonuntuk beristrahat dan rumah panggung yang dijadikan pos polisi air yang menjaga perairan ini. Pulau saponda laut tak berpenghuni. Pantainya bisa dikelilingi dalam waktu tidak sampai satu jam, dan digunakan nelayan, terutama dari saponda darat, untuk menjemur ikan hasil tangkapan untuk dijadikan ikan asin.

Kekurangan utama pulau ini adalah ketiadaan air tawar, seperti pulau hari. Untuk kebutuhan air tawar, kalau pulau hari dekat dengan desa baho, pulau saponda laut cukup dekat dengan pulau saponda darat yang berpenghuni. Hanya saja, agar tidak repot, lebih baik anda membawa cukup persediaan air tawar untuk kebutuhan selama di saponda laut.

Snorkeling di saponda laut

Agar tidak menyesal, jangan lupa membawa masker, snorkel dan fin kalau berwisata ke pulau saponda laut. Air yang jernih merupakan keunggulan utama pulau ini. Hanya saja, keindahan terumbu karang dan ikan ikannya masih kalah dengan pulau hari atau desa baho. Penyebabnya tak lain adalah nelayan yang menangkap ikan menggunakan bom ikan, yang membunuh ikan ikan kecil dan meratakan terumbu karang. Sangat disayangkan. Kalau cukup berani, Anda bisa melakukan snorkeling sampai tempat yang cukup dalam. Visibility di tempat kni adalah 30 meter.

Menyelam di saponda laut

Terumbu karang di pulau saponda laut memang telah rusak, tetapi masih cukup layak dan bahkan indah sebagai site penyelaman. Dengan kondisi air yang sangat jernih, di kedalaman 30 meter dasar laut masih terlihat sehingga tidak susah mencari daerah daerah yang masih memiliki terumbu karang. saat menyelam pun kita bisa dengan gampang mencari terumbu karang lain di hamparan pasir putih karena visibility yang cukup jauh. Dengan air yang jernih kni, gambar yang diambil di kedalaman 30 meter masih cukup terang dan jelas. Anda akan menemukan berbagai jenis kehidupan mahluk mahluk kecil, seperti udang, siput, cacing, kerang dan teripang. Terumbu karang dan berbagai hewan/tumbuhan laut pun terlihat berwarna warni melambai lambai dibuai arus. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *