Teknologi

Perkembangan Content Creator di Indonesia

×

Perkembangan Content Creator di Indonesia

Sebarkan artikel ini

State of Digital Publishing, membagi definisi tentang content creator  yakni mereka  atau seseorang yang secara kreatif membuat informasi yang bertanggung jawab di media social atau media digital. Menurutnya,  content creator biasanya memiliki target audiens yang sudah di sasar.

Pendapat lain datang dari  HubSpot,  yang menerangkan bahwa, content creator adalah orang-orang yang membuat materi atau content yang memiliki nilai edukasi / mendidik dan juga menghibur /hiburan yang disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens mereka.Umunya para  content creator memakai banyak platform untuk menyebarkan konten mereka seperti  seperti Facebook, Instagram, atau YouTube, mereka juga memakai blog, infografik, maupun ebook untuk menyebarkan konten.

Sejumlah nama dalam jajaran conten creator paling hits di Indonesia, mereka adalah Atta Halilintar,  Agung Hapsah, Benazio Rizki Putra, (Andovi dan Jovial da Lopez (Skinny Indonesian 24), Alya Nurshabrina, Miss Indonesia 2018, Rafi Ahmad, dan sederet nama lainnya.

Dalam beberapa kesempatan, beberapa conten creator kerap hadir membagi pengetahhuan mereka tentang Digital Media for Learning: How to Engage Millennials, mereka membagi pengalaman dalam membuat konten yang menarik minat generasi millennials.

Satu ketika di sesi Learning Innovation Summit 2018 silam di The Kasablanka, Jakarta, Benazio Rizki Putra, Youtubers sekaligus co-founder PT Rumah kreatif IVG mengungkapkan jika anak-anak di era terkini sangat tertarik pada format visual. Menjadi pembeda dengan era sebelumnya, ketika sebagian besar dari generasi masih menggunakan text book. 

Agung Hapsah conten creator muda juga menceritakan pengalamannya saat mencoba mengenyam pendidikan di kampus. Menurutnya, era ini adalah era generasi millennials yang memiliki keterikatan kuat dengan teknologi, mereka sangat menyukai hal-hal visual.

Para generasi milenial berebut hati public melalui konten-konten kreatif mereka melalui kanal-kanal media social 24 jam non stop sepanjang tahun. Tak heran  Atta Halilintar dengan 27 juta subcriber menempatkan dirinya sebagai yutuber nomor 1 di Asia Tenggara mengalahkan para artis besar dunia. Keberadaaan para conten creator mendapat sambutan hangat dari pemerintah maupun para pengampuh kebijakan negeri ini.  Bahkan, Presiden Jokowi saja mau hadir di acara nikahan Atta Halilintar.

Bagi Negara, Atta adalah asset bangsa, influencer terbaik untuk membangun kampanye positif bagi bangsa dan para politisi bangsa ini.  Di jari dia bisa meraup keuntungan dari sisi ekonomi pribadi sebesar 8,7 triliun setahun dan Ia sisihkan untuk pajak Negara sebesar 87 miliar setahun (1 persen dari pendapatan sebagaai yutuber). Ini pula diikuti oleh influencer – influencer lainnya di Indonesia; seperti Rafi Ahmad, dll. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *