Peristiwa

Peringati Hakordia 2023, Pj Gubernur : Buka Seminar “Bangun Sultra Tanpa Korupsi

×

Peringati Hakordia 2023, Pj Gubernur : Buka Seminar “Bangun Sultra Tanpa Korupsi

Sebarkan artikel ini

Jakarta, suarakendari.com– Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto, membuka seminar dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia (Hakordia) tahun 2023 pada Kamis (14/12/23).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini Kamis 14 Desember 2023 pukul 08.30 WIB / 09.30 WITA seminar ini secara resmi saya nyatakan dibuka” ucap Pj Gubernur saat membuka kegiatan secara _virtual_.

Selanjutnya, Andap dalam sambutanya menyampaikan langkah – langkah dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan pendekatan model 4-Co.

“Pertama, melalui langkah _compliance role_ yakni memberikan pemahaman dan mendorong kesadaran bersama dan juga mengajak peran serta masyarakat bersinergi untuk pencegahan korupsi.

Kedua, _consultative role_ untuk meningkatkan sistem kerja dalam mencegah adanya pelanggaran.

Ketiga, _coordination role_ yakni dengan meningkatkan kerja sama bersama APH dan instansi terkait dalam upaya penanganan termasuk penyelesaian pengaduan masyarakat. Dan terakhir, apabila seluruh rangkaian sudah tidak berdaya lagi, lakukan langkah- langkah penegakan hukum yakni _corrective role_,”tegas Pj Gubernur.

Andap lalu menyampaikan adagium dari Lord Acton yakni _Power tends to corrupt, and absolute power corrupt absolutely_, kekuasaan itu cenderung korup dan kekuasaan yang absolut cenderung korup secara absolut.

Ia menjelaskan bahwa korupsi dan kekuasaan, ibarat dua sisi dari satu mata uang. Korupsi akan selalu mengiringi perjalanan kekuasaan dan sebaliknya kekuasaan merupakan _pintu masuk_ bagi tindakan korupsi,” jelasnya.

Untuk itu, Pj Gubernur selanjutnya mencontohkan bahwa dalam rangka transparansi dan juga akuntabilitas serta langkah percepatan menyikapi laporan atau pengaduan masyarakat, ia merubah sistem pertemuan dengan masyarakat yang hadir dengan didampingi para Kepala Perangkat Daerah (PD) di lobby kantor Gubernur.

“Setiap Senin setelah apel pagi, saya selalu mengumpulkan para Kepala PD dan masyarakat yang ingin beraudiensi di lobby kantor Gubernur. Hal ini saya lakukan untuk percepatan penyelesaian keluhan masyarakat (dapat langsung diteruskan kepada para Kepala PD) serta meminimalisir dugaan kepentingan apabila bertemu secara tertutup,” pungkasnya.

Terakhir, Andap juga mengucapkan apresiasi kepada Kajati Sultra, Sdr Patris Yusrian Jaya yang telah menggagas seminar dalam rangka peringatan Hakordia tahun 2023.

“Terima kasih Pak Kajati dan seluruh jajaran yang telah menggagas seminar ini, semoga kita dapat terus bergandengan tangan untuk membangun Indonesia tanpa korupsi, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai ini,” tutup Andap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *