Peristiwa

Mantan Aktivis Ini Kagum dengan Pendekatan Burhanuddin di Bombana

×

Mantan Aktivis Ini Kagum dengan Pendekatan Burhanuddin di Bombana

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com— Mantan Pj Bupati Bombana Ir H Burhanuddin MSi melepas jabatannya baru dua pekan lebih. Pergantiannya disesalkan masyarakat karena ditinggal pemimpin yang sukses membangun Bombana.

Mantan aktivis yang ditokohkan di masyarakat adat Moronene Hukaea, Haris Palisuri, menyatakan kekagumannya pada pendekatan Burhanuddin dalam membangun Bombana.

“Beliau secara simultan membangun inftastruktur dan sosial budaya. Jalan diaspal, listrik ditambah, nilai investai meningkat, inflasi terkendali dan banyak meluncurkan program-program pemenuhan kebutuhan rakyat,” kata Haris Palisuri, Rabu (12/12/2023).

Haris Palisuri lama bergelut dengan masyarakat adat di Bombana. Mantan Katua Walhi Sultra ini pernah menjadi pendamping warga Hukaea belasan tahun lalu. Tidak heran dia memangku jabatan Sekjen Aliansi Masyarakat Adat (AMAN) Sultra.

Mantan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Daerah Sultra ini mengatakan, ketika pertama masuk Bombana, Burhanuddin langsung berbicara di hadapan jajarannya menyampailan misinya, tujuannya, dan komitmennya untuk masyarakat Bombana.

“Usai menyampaikan misi, tujuan dan komitmennya, Pak Burhanuuddin kemudian memetakan potensi Bombana berdasarkan program yang berjalan dan turun ke kecamatan-kecamatan,” kata Haris.

Menurut Haris, tidak terlalu sulit Burhanuddin memetakan potensi dan masalah itu. Sebab, mantan Kepala Dinas ESDM Sultra itu sudah pernah memimpin dua kabupaten. Yaitu sebagai Plt Bupati Konawe Kepulauan dan Plt Sekda serta Plh Bupati Buton Utara.

“Berbekal pengalamannya sebagai teknokrat, Pak Bur tidak terlalu sulit membuat program-program melayani masyarakat. Dan itu sangat nyata di Bombana,” kata Haris.

Haris kemudian memberikan contoh program-program yang betul-betul dirasakan masyarakat. Antara lain listrik 24 jam di Pulau Kabaena, pengaspalan jalan di Kabaena, Tangkeno, Poleang, dan di Rumbia.

“Di ibu kota kabupaten, jalan dan rambu lalu lintas dilengkapi. Transportasi publik yang selama ini tidak ada, kini di Kasipute sudah diadakan oleh Pak Burhanuddin. Warga atau anak sekolah di Lantawanua sudah menikmati mikrolet yang disediakan kepemimpinan Pak Burhanuddin,” beber Haris Palisuri.

Di bidang sosial budaya, Haris merasakan sendiri bagaiman warga Hukae-Laea mendapat perhatian lebih dari Burhanuddin. Di kampung Hukaea diberi legalitas untuk menempati kawasan yang dulunya terlarang.

“Begitu juga ormas-ormas kerukunan, Moronene, Buton, Tolaki, Luwu, dan lain-lainnya dibina dan direkatkan dalam satu persaudaraan. Pak Bur selalu mengatakan kita ini Indonesia, kita ini Sultra, kita ini Bombana maka kita bersaudara,” ungkap Haris.

Kepemimpinan Burhanuddin mampu mewujudkan apa yang diinginkan masyarakat melalui program-programnya. Sebutlah yang paling terkenal yaitu Menata Kota Memberdayakan Desa.

Program ini turunannya adalah one village one product. Satu OPD satu hektar tanaman holtikultura, dan sebuah tagline Ayo ke Bombana, Surga Investasi.

“Yang saya salut adanya semacam motto: saya bangga jadi orang Bombana. Ini luar biasa, menyentuh rasa memiliki masyarakat terhadap daerahnya sendiri,” beber Haris.

Dia pun berharap Bombana kembali dipimpin oleh Ir H Burhanuddin MSi yang sudah terbukti disukai masyarakat. Hanya dalam 15 bulan masyarakat merasa seperti telah bekerja 5 tahun.

“Jika hanya dalam 15 bulan sudah bagus, bagaimana kalau Pak Bur diberi kesempatan lima tahun ya,” pungkas Haris. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *