Peristiwa

Perayaan Api Unggun Tutup Perkemahan Eksekutif Pemkot Baubau

×

Perayaan Api Unggun Tutup Perkemahan Eksekutif Pemkot Baubau

Sebarkan artikel ini

Baubau, suarakendari.com-Perkemahan eksekutif yang digelar Pemkot Baubau bekerja sama dengan Kwarcab Pramuka Kota Baubau pada Jumat dan Sabtu (22/23 Desember 2023) secara resmi ditutup Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si di bumi perkemahan Samparona Sabtu malam (23/12/2023).

Sebelum dilakukan penutupan secara resmi terlebih diadakan perayaan api unggun yang diikuti OPD dan Kwarcab Pramuka Kota Baubau dan dipimpin Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, SP, M.Si.

Api unggun memiliki makna mendalam yaitu api yang berkobar menyala melambangkan semangat yang membara. Selain itu, sebagai kekuatan dan cahaya yang menjadi tanda persaudaraan dan persatuan.

Seremonial api unggun diawali persiapan dimana tiap petugas menyiapkan tugas dan tanggunggjawab masing-masing. Kemudian, penyalaan obor dasa darma, penyalaan umum, amanat Pembina dan penutup serta diakhiri dengan berdoa.

Menurut Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi, perayaan api unggun merupakan acara puncak dari satu kegiatan kemah eksekutif tahun 2023. Kegiatan ini juga menandai persiapan untuk melaksanakan penutupan kemah eksekutif kolaborasi Pemkot Baubau dan Kwarcab Pramuka Kota Baubau.

Dikatakan, yang menjadi perhatiannya saat ini adalah semangat bekerja bersama untuk membangun bekerja sama bergandeng tangan pramuka dan Pemkot Baubau yang terus bekerja bersama untuk membangun negeri. Oleh sebab itu, pihaknya menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua yang telah diitunjukkan berkumpul di di bumi perkemahan Samparonna termasuk juga mengadakan rapat dengan kepala-kepala OPD dan Camat.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini meyakini perkemahan eksekutif sebagai bagian memperkuat korsa kerja sama bagi Pemkot Baubau dan juuga sinergi dengan pramuka yang telah dilaksanakan.”Terima kasih, mohon maaf nanti sampai besok (Minggu, red) kita akan terus bersama-sama disini jika ada kekeliruan sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya. Kakak-kakak Pembina, adik-adik mari bersama-sama saya membangun negeri kita dengan semua kekuatan, semua kemampuan yang kita miliki,” tutupnya.

Sebelum acara puncak api unggun dan penutupan perkemahan eksekutif terlebih dahulu digelar lomba memasak antar OPD yang diikuti oleh seluruh kepala OPD dan pendamping. Pada lomba tersebut, Dinas Kominfo Kota Baubau yang mengikutsertakan Kadis Kominfo H Andi Hamzah Machmud, S.Sos, M.Si bersama pendamping Sekdin Kominfo Dr Hamzah, SH, M.Ikom dalam lomba memasak tersebut berhasil keluar sebagai juara kedua dengan masakan andalannya Nasi Goreng Simalape.

Sementara untuk juara I dan III diperoleh RSUD Palagimata Baubau dan Dinas Perhubungan Kota Baubau. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *