Bangun Negeri

Pemkot Kendari Uji Coba Pembayaran Retribusi Sampah Gunakan Aplikasi QRIS

×

Pemkot Kendari Uji Coba Pembayaran Retribusi Sampah Gunakan Aplikasi QRIS

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Pemerintah Kota Kendari kembali menghadirkan inovasi terbaru dalam mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi di kota tersebut. Pada hari Rabu (8/11), Pj. Walikota Kendari Asmawa Tosepu, AP., M.Si bersama dengan Sekretaris Daerah Kota Kendari Dr. Drs. Ridwansyah Taridala, M.Si membuka sosialisasi penggunaan QRIS Mobile banking Bank Sultra bagi ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari. Acara tersebut dirangkaikan dengan uji coba pembayaran retribusi persampahan menggunakan aplikasi QRIS oleh Pj Walikota Kendari di ruang Samaturu Balai Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Kendari Asmawa Tosepu menyampaikan, bahwa, digitalisasi memberikan peluang besar dalam pengembangan ekonomi dan pengembangan digital. “Fitur QRIS Bank Sultra merupakan bentuk nyata dari kolaborasi dan sinergi dalam mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam hal ini, QRIS memiliki peran yang sangat penting dalam mempercepat proses pembayaran serta memudahkan dan mengoptimalkan transaksi non-tunai yang aman dan nyaman,”kata Asmawa.

Penerapan QRIS Mobile banking Bank Sultra tidak hanya memberikan manfaat bagi Pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat.

“Adanya dukungan digitalisasi dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan mempercepat proses pembayaran. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan bank dalam pengembangan teknologi ini juga memberikan dukungan bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Kendari,”tegasnya.

Retribusi Sampah

Digitalisasi dalam pembayaran retribusi persampahan makin mudah dan nyaman dengan hadirnya aplikasi QRIS yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Kendari. Aplikasi QRIS ini memungkinkan pembayaran retribusi sampah secara non-tunai dan memberikan banyak manfaat bagi warga Kota Kendari.

Dengan menggunakan QRIS, proses pembayaran retribusi sampah dapat dilakukan dengan cepat, aman, dan mudah, tanpa harus datang ke kantor pelayanan. Selain itu, aplikasi QRIS juga membantu mengurangi kontak fisik dalam proses pembayaran, yang sangat penting dalam situasi saat ini mengingat adanya pandemi Covid-19.

Aplikasi QRIS juga memberikan banyak manfaat bagi Pemerintah Kota Kendari dalam hal efisiensi dan efektifitas pengelolaan informasi dan data pembayaran retribusi sampah. Dengan adanya aplikasi ini, pemantauan pembayaran retribusi menjadi lebih mudah dan transparan.

Luncuran aplikasi QRIS ini menjadi bukti bahwa pemerintah Kota Kendari selalu berusaha untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya sebagai sarana untuk memudahkan dan memberikan kemudahan bagi para warga masyarakatnya. Semoga dengan adanya aplikasi QRIS ini, pembayaran retribusi sampah dapat semakin mudah dan nyaman agar Kota Kendari menjadi kota yang lebih modern dan maju.

Seperti diketahui, sistem pembayaran non-tunai seperti QRIS sendiri saat ini semakin populer di masyarakat karena memberikan banyak manfaat seperti kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi serta keamanan dalam proses pembayarannya. QRIS juga memiliki peran penting dalam mencegah penyebaran COVID-19 karena mengurangi kontak fisik dan penyebaran virus melalui uang kertas.

Inovasi teknologi yang diperkenalkan oleh Bank Sultra dan Pemerintah Kota Kendari ini patut dipuji karena memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan perekonomian di kota tersebut. Semoga inovasi ini dapat terus dikembangkan dan diimplementasikan di berbagai sektor, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu dan memperoleh kemudahan dalam bertransaksi. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *