Peristiwa

Pemkot Dorong Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus

×

Pemkot Dorong Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Sebarkan artikel ini

 

Kendari, suarakendari.com– Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Kendari Makmur, S.Pd. M.Pd, mewakili Pj. Walikota kendari hadir membuka kegiatan Pelatihan Guru Pembimbing Pendidikan Inklusif pada Anak Berkebutuhan Khusus jenjang TK, SD dan SMP, yang dilaksanakan di Hotel Zahra Kendari. Jumat (6/10).

Diikuti oleh ratusan guru Kota Kendari, Makmur menjelaskan bahwa pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus atau inklusif, diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa.

“Terkait hal itu bahwa, setiap satuan pendidikan yang melaksanakan pendidikan inklusif harus memiliki tenaga pendidikan yang mempunyai kompetensi menyelenggarakan pembelajaran bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, pendidikan inklusif merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena perbedaan fisik, emosional, mental, sosial dan memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.

“Pendidikan inklusif memiliki tujuan untuk mengurangi sikap diskriminatif pada anak berkebutuhan khusus, untuk itu peranan seorang guru pembimbing khusus sangat diperlukan dalam mengoptimalkan perkembangan anak secara akademik maupun non akademik,” tambahnya.SK

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *