Bangun Negeri

Pemkot Baubau Ingin Ciptakan ASN Profesional

×

Pemkot Baubau Ingin Ciptakan ASN Profesional

Sebarkan artikel ini

BAUBAU, suarakendari.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berkeinginan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang profesional, yang punya kinerja dan etos kerja yang bagus.

”Dari awal saya menjabat, saya sudah menyampaikan bahwa kehadiran saya ini bukan memerintah tetapi urusan kepemerintahan dan saya minta dukungan kepada para ASN. Ada 4 dukungan yang saya minta yaitu kedisiplinan, kinerja, etos kerja dan integritas. Itu penting untuk kita semua karena kita sebagai ASN ini ada yang harus kita pertanggungjawabkan, kalau ada yang harus kita pertanggungjawabkan berarti kita harus memiliki kompetensi-kompetensi itu, kalau tidak pasti kita akan bermasalah,”ungkap Pj Sekda Kota Baubau La Ode Fasikin, S.Pi, M.Si saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen ASN di villa adios Rabu (12/6/2024).

Menurut La Ode Fasikin, Undang-Undang ASN terbaru (UU Nomor 20 Tahun 2023) mengamanatkan bahwa setiap ASN wajib melakukan pengembangan kompetensi. Sebagai kewajiban, maka pengembangan kompetensi menjadi sesuatu yang harus dipenuhi oleh para ASN.

Untuk itu, paradigma harus diubah, yakni dari pasif -menunggu surat tugas menjadi aktif, melakukan pengembangan diri, meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan tingkat literasi peraturan perundang-undangan khususnya yang terkait dengan teknis bidang tugas. Kemudian, mengikuti pelatihan bimbingan teknis, dan seminar-seminar.

La Ode Fasikin berharap dalam kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen ASN nanti akan dibahas bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang ASN, karena di BKN mengatur secara keseluruhan bagaimana pengembangan profesi, mutasi, kenaikan pangkat dengan segala macamnya termasuk sebagai fungsional.

PPID UTAMA BAUBAU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!