Bangun Negeri

Pemkab Konsel Dorong Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja Lokal

×

Pemkab Konsel Dorong Peningkatan Keterampilan Tenaga Kerja Lokal

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com- Sejumlah perusahaan berskala besar kini beroperasi di Konawe Selatan dan tentu saja membutuhkan tenaga kerja dengan skill mumpuni. Untuk memenuhi dibutuhkan tersebut pemerintah konawe selatan terus mendorong penguatan kapasitas sumber daya manusia yang siap pakai.

Bupati Surunuddin saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK Konsel, Senin (7/3), mengatakan pentingnya peningkatan keterampilan dan keahlian kepada para pencari kerja dan masyarakat khususnya di Kabupaten Konsel.

” Perusahaan besar sekarang banyak di Konsel, baik yang sudah beroperasi maupun yang segera akan menjalankan roda usahanya. Tentunya hal tersebut bisa menjadi peluang para peserta pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan tersebut,” terang Bupati Surunuddin.

Disamping itu pihaknya berharap kedepan para peserta pelatihan bisa menjadi wirausahawan yang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

“ Jika serius dan punya tekad yang kuat tentunya tidak menutup kemungkinan para peserta pelatihan ini menjadi pionir yang menciptakan sendiri lapangan pekerjaan,” harap Bupati.

Pasangan Rasyid S.Sos M.Si ini juga menambahkan pihaknya sedang melakukan perhitungan terkait dengan sarana infrastruktur di BLK Konsel yang menurutnya memang layak mendapatkan sentuhan peremajaan infrastruktur utamanya bangunan bangunannya.

Sementara itu dari laporan Kepala BLK Konsel Muhammad Irto Taridala ST diketahui sebangak 112 orang menjadi peserta pelatihan yang dilaksanakan selama 35 hari tersebut.

Para peserta dibagi dalam beberapa bidang pelatihan, di antaranya Bisnis Manajemen/Pengelola Administrasi Perkantoran, Garmen Apparel/ Menjahit Pakaian Wanita Dewasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi/ Basic Office, Bangunan/Juru Ukur (Surveyor), Bangunan/Menggambar Bangunan dan Processing/ Pembuatan Roti dan Kue serta Teknik Las/ Fitter Structure.

” Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Institusional Non Boarding Tahap I Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Konawe Selatan dilaksanakan mulai tanggal 7 Maret – 22 April 2022 dengan 8 jam pelajaran (JP) setiap harinya. Sumber Anggaran
APBN melalui DIPA BLK Kendari, ” tutup Irto.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Konsel bertempat di Aula BLK Konsel Desa Lamong Jaya Kecamatan Laeya.

Kegiatan pembukaan pelatihan juga dihadiri Wabup Rasyid S.Sos M.Si, Kepala BLK Kendari Dr. H Laode Polondu SPd MPd , Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo SH SIK M.Si dan juga Kadisnakertrans.

(Protokol dan Komunikasi Pimpinan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *