Bangun Negeri

Pemkab Bombana Gelar Ecxecutif Meeting dengan Pimpinan Perusahaan Tambang, Perikanan dan Perkebunan

×

Pemkab Bombana Gelar Ecxecutif Meeting dengan Pimpinan Perusahaan Tambang, Perikanan dan Perkebunan

Sebarkan artikel ini

Jakarta, suarakendari.com-Terobosan dilakukan Pemerintah Kabupaten Bombana yang menggelar Ecxecutif Meeting dengan Pimpinan Perusahaan Tambang, Perikana dan Perkebunan yang beroperasi di Bombana, di salah satu Hotel di Jakarta, Senin, 7/11/ 2022.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen dan kesepakatan antara Pemkab Bombana dengan Investor untuk berkolaborasi membangun bombana dengan tujuan kesejahteraan masyarakat.

Gebrakan Bupati Bombana ini merupakan terobosan yang dapat dimaknai sebagai upaya “memaksa secara halus” investor untuk tidak mengabaikan masyarakat sekitar lokasi usaha mereka di Bombana. Semua perusahaan bertandatangan dan memaksa perusahaan juga untuk tidak hanya berkantor di Jakarta, tapi harus di Bombana juga.

“Sebagai pejabat Bupati Bombana, tentunya saya sangat berterimakasih atas respon baik dan kehadiran bapak dan ibu pimpinan perusahaan pertambangan industri perkebunan yang telah meluangkan waktunya pada hari ini untuk penyamaan persepsi dan menandatangani kesepakatan bersama terkait peran serta sektor pertambangan dan industri perkebunan dalam sinergi tas kolaborasi serta implementasi program Bombana surga investasi dalam mendorong pembangunan daerah berkelanjutan,” demikian Burhanuddin dalam sambutannya.

Burhanuddin menjelaskan, kegiatan eksekutif meeting hari ini merupakan terobosan baru dalam kepemimpinan antara yang di amanahkan kepada dirinya sebagai pemerintah daerah dan ia berharap ini tidak dimaknai satu kegiatan yang Eksklusif dan berlebihan, akan tetapi adanya sebuah gagasan bersama yang lebih maju untuk meningkatkan Taraf hidup masyarakat dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Bombana Melalui peningkatan kinerja pengelolaan usaha pertambangan atau industri atau perkebunan yang kita bingkai dalam program pengelolaan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau yang lazim nya kita sebut CSR serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi dan tol kolaborasi antara perusahaan dengan pemerintah kabupaten Bombana.

“Berbicara tentang CSR hari ini menjadi isu yang hangat dan fenomenal di daerah yang berpotensi investasi kabupaten bebannya salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tenggara yang kaya akan berbagai potensi Hasil pertambangan mineral potensi hasil perkebunan potensi hasil pertambangan potensi sektor perikanan dan kelautan dan potensi dalam bidang industri,”papar Burhanuddin.

Menurut dia, keberadaan investasi sangat berkaitan erat dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau DJ Elbe, gimana the ye LB merupakan komitmen perusahaan untuk keberlanjutan oleh dunia usaha untuk memberikan berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, Baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

“Tanggung jawab sosial dan lingkungan berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan dengan satu dasar argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya tidak semata berdasarkan faktor keuangan misalnya ketergantungan atau Deviden, melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang,”jelasnya.

“Kami tentunya ingin kehadiran perusahaan di wilayah Kabupaten Bombana datang ber investasi dengan mudah dan nyaman akses kemudahan dalam investasi adalah kunci dan kemajuan suatu daerah. Tentunya dalam hal ini sejalan dengan program yang saya canakan setahun ke depan yaitu Bombana surga investasi,”harapnya.

Investasi dalam arti luas, bukan hanya pada sektor pertambangan namun sektor lainnya seperti perdagangan, industri, perkebunan, perikanan dan sebagainya yang sejalan dengan amanat Undang Undang nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja yang salah satunya mengatur terkait kehidupan investasi di Indonesia.

Kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau TJS LP dari perusahaan yang dilakukan saat ini juga sudah maju mulai terus ditingkatkan oleh pihak perusahaan, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat lingkar wilayah investasi, mulai sektor pendidikan, kesehatan, olahraga, seni, budaya, pariwisata, kesejahteraan sosial, keagamaan, perLindungan Dan pengelolaan lingkungan hidup, perlindungan dan pemberdayaan perempuan dan anak, pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, energi baru terbarukan, kedaruratan, penanggulangan bencana dan infrastruktur.

Pada tataran ini, kata Burhanuddin akan menciptakan kebaikan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu saya berharap melalui penandatanganan kesepakatan bersama hari ini pemerintah daerah dapat bersinergi dan berkolaborasi share the singkronisasi dengan kesepakatan program kerja tahunan yang dimiliki perusahaan dengan rencana program kerja pemerintah daerah setiap tahunnya.

Tentunya dengan adanya kesepakatan bersama ini, kami pemerintah daerah sebagai mitra perusahaan siap memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan bagi seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bombana dengan tetap mematuhi ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.

” Bombana milik kita bersama, maka mari kita rawat lingkungan kita dan berikan yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Kita sama sama berharap bahwa kehadiran perusahaan pertambangan, industri, perkebunan, akan merubah Stikma negatif masyarakat di Kabupaten Bombana, bahwa kehadirannya tidak hanya memberikan debu dan kerusakan lingkungan di wilayah kita, namun memberikan kebaikan kesejahteraan Dan meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya dengan prinsip pembangunan daerah berkelanjutan berwawasan lingkungan,”imbaunya.

Melalui kesempatan tersebut Burhanuddin berharap dukungan pihak kementerian SDM, kementerian investasi atau BKPM, ketua DPRD bersama anggota, seluruh kepala perangkat daerah dan Camat terkait untuk mewujudkan Bombana sebagai surga investasi. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *