Peristiwa

Pemda Koltim Target Penurunan Stunting di 2024, di Bawah 14 Persen

×

Pemda Koltim Target Penurunan Stunting di 2024, di Bawah 14 Persen

Sebarkan artikel ini

 

Kolaka Timur, suarakendari.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim berkomitmen untuk menurunkan angka stunting di daerah ini pada tahun 2024 mendatang, sesuai dengan target nasional yakni 14 persen.

Dan, pemda berkomitmen menurunkan angka stunting di bawah 14 persen. Hal ini disampaikan Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, saat memimpin rapat koordinasi pengukuran dan publikasi data stunting tahun 2023, Jumat (29/12/2023) di Aula Kantor Bupati Koltim.

Dalam pemaparannya, Kadis Kesehatan Koltim Harun Skep, menyampaikan untuk rencana kegiatan advokasi ke kecamatan dan desa untuk kegiatan tersebut, semua balita, (sasaran rill), harus terdata dan terinput di data identitas e-ppgbm, dilakukan pengukuran di posyandu jika balita tidak datang ke posyandu wajib di kunjungai untuk di, data dan diukur hasil pengukuran wajib di input di aplikasi e ppgm per februari 2024.

Kemudian, seluruh OPD terkait ikut meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk berpartisipasi di Posyandu, alat antropometri (alat timbang dan ukur panjang/tinggi badan) yang sudah disediakan untuk segera digunakan di posyandu, pelatihan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan untuk tenaga kesehatan dan kader.

”Rakor tadi dalam upaya percepatan penurunan stunting sesuai target menjadi di bawah 14 persen di Tahun 2024. paya yang harus kita lakukan adalah, semua sasaran ril dapat teridentifikasi by name by adress, selanjutx data riil ini di infut pada aplikasi e-ppgbm. Sehingga, diharapkan peran secara terintegrasi dari kader kesehatan sebagai penggerak sasaran, yang di dukung oleh lintas sektor lainnya, sehingga kasus stunting dapat segera di intervensi baik spesifik maupun secara sensitif,” jelas Harun. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *