PeristiwaPorprov XIV Sultra

Pelabuhan Amolengu Dipadati Antrian Panjang Kendaraan Kontingen Porprov XIV Sultra

×

Pelabuhan Amolengu Dipadati Antrian Panjang Kendaraan Kontingen Porprov XIV Sultra

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com- Pelabuhan Amolengu Konawe Selatan  dipadati kendaraan dari kontingen yang akan berlaga di Porprov XIV Sultra di Baubau-Buton. Hingga Kamis (24/11/20022) sore, pelabuhan masih dipadati antrian panjang kendaraan yang hendak menyeberang ke Labuan, Buton Utara untuk selanjutnya menuju Buton dan Kota Baubau.

“Penyeberangan hari ini, arus kendaraan yang akan menyeberang ke labuan sangat padat, hingga jam 16.00 wita ini kendaraan mengantri sampai di luar Desa Amolengu,”kata Saifuddin Zuhri, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Konawe Selatan.

Antrian panjang kendaraan disebabkan cuaca buruk perairan laut serta jadwal keberangkatan seluruh kontingen cabor dari kabupaten di wilayah daratan yang hampir bersamaan.

Dari jadwal pemberangkatan yang diperoleh di pelabuhan amolengu terdapat 9 trip perjalanan kapal ferry yang secara bergantian mengangkut penumpang menuju pelabuhan labuan Kabupaten Utara. Jarak tempuh ferry dari pemberangkatan menuju tujuan memakan waktu sekitar 30 menit.

Seperti diketahui, keberadaan pelabuhan amolengu dibangun dalam rangka meningkatkan konektivitas antar daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara, oleh Kementerian Perhubungan telah membangun Pelabuhan Penyeberangan Amolengo di Kabupaten Konawe Selatan dan Pelabuhan Penyeberangan Labuan di Kabupaten Buton Utara.

Lintas penyeberangan Amolengo – Labuan merupakan lintas penyeberangan perintis yang menghubungkan Pulau Sulawesi di Kabupaten Konawe Selatan dan Pulau Buton di Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Dengan jarak lintasan sekitar 8 mil dan waktu tempuh selama 30 menit, lintas penyeberangan Amolengo-Labuan dapat memperpendek jalur lalu lintas orang maupun barang dari daratan Sulawesi Tenggara ke Pulau Buton.

Tak heran, lokasi yang strategis, fasilitas kapal memadai dan jadwal pemberangkatan yang teratur membuat banyak kontingen kabupaten/kota memilih jalur pelabuhan laut amolengu sebagai pilihan penyeberangan menuju lokasi Porprov Sultra.

Hampir seluruh kontingen cabor kabupaten kota yang berada di daerah daratan diperkirakan menggunakan pelabuhan amolengu untuk sarana penyeberangan. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *