Environment

Peduli Pelestarian Lingkungan, Biro SDM Polda Sultra Gelar Aksi Tanam Pohon

×

Peduli Pelestarian Lingkungan, Biro SDM Polda Sultra Gelar Aksi Tanam Pohon

Sebarkan artikel ini

Konawe Selatan, suarakendari.com-Kegiatan penghijauan dengan menanam pohon menjadi salah satu cara ampuh dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan yang dilakukan oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) tersebut merupakan bukti nyata sebagai pengabdian Polda Sultra dalam hal pelestarian lingkungan.

Penanaman pohon dilakukan di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (31/10/2023). Kegiatan ini dilakukan secara serentak soleh personel Mabes Polri dan Polda jajaran sebagai bagian dari upaya Polda Sultra dalam memberikan kontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan dan terselenggara sebagai bagian dari Rapat Koordinasi dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (Rakorbin SDM) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polri.

Dalam kegiatan itu, Kepala Biro SDM Polda Sultra yang diwakili oleh Kombes Pol Danang Beny K membuka kegiatan penghijauan tersebut. Penanaman pohon dilakukan dengan menggunakan bibit pohon produktif yang dipilih oleh Polda Sultra sebagai bentuk komitmen dalam menjaga keanekaragaman hayati, mengurangi tingkat karbondioksida di atmosfer sebagai langkah antisipasi perubahan iklim, serta memberikan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan, energi, dan ketersediaan air.

“Penanaman pohon merupakan salah satu kegiatan sosial sebagai wujud kontribusi Polda Sultra dalam pelestarian lingkungan,” kata Kombes Pol Danang Beny.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi pihak pemerintah dan masyarakat untuk turut serta dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Dalam konteks ini, Biro SDM Polda Sultra menegaskan bahwa penanaman pohon merupakan salah satu tindakan nyata dalam membantu menjaga alam dan iklim serta menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Selain itu, kegiatan penghijauan ini juga dianggap mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Pohon-pohon yang ditanam nantinya dapat memperbaiki kualitas udara, menurunkan suhu udara, dan mengurangi risiko bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Melalui kegiatan penghijauan yang dilakukan Polda Sultra, diharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan semakin meningkat. Sejalan dengan itu, Polda Sultra juga terus melakukan berbagai upaya lainnya dalam menjaga kelestarian lingkungan, seperti misalnya kampanye tentang pengurangan penggunaan plastik, pemberian edukasi tentang penggunaan energi terbarukan, dan sebagainya.

Dalam hal ini, peran serta dari berbagai pihak baik dari masyarakat, pemerintah, maupun pengusaha sangat dibutuhkan guna mewujudkan lingkungan yang lebih sehat dan lestari. Kita semua harus sadar bahwa terjadinya perubahan iklim dan bencana alam yang semakin sering terjadi akhir-akhir ini menjadi sebuah tanda bahaya yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, upaya menjaga lingkungan harus dilakukan bersama-sama dan terus-menerus demi terciptanya masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *