Peristiwa

Pasca Banjir, Pemprov Sultra Tangani Tanggul Longsor dan Sedimentasi Akibat Banjir

×

Pasca Banjir, Pemprov Sultra Tangani Tanggul Longsor dan Sedimentasi Akibat Banjir

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Bencana banjir di Kota Kendari mengakibatkan ruas jalan amblas serta beberapa tanggul longsor dan sedimentasi akibat banjir, mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggandeng kerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari untuk penanganannya.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto dtemui saat meninjau secara langsung Jalan S. Parman yang amblas dan Lorong Teplan Kota Kendari, Rabu (13/3/2024).

Dari hasil peninjauan lapangan, teridentifikasi adanya jalan yang amblas, tanggul yang longsor termasuk aliran sungai yang tersedimentasi akibat banjir yang harus dibersihkan, yakni :

1. Sepenggal ruas di jalan S. Parman, didepan Kantor DPM PTSP : Jalan amblas akibat banjir ;

2. Sungai Teplan Benu Benua, terdapat 4 (empat) titik tanggul sungai yang longsor. Kerusakan bervariasi, terparah sepanjang 75 meter, selanjutnya 50 meter, 20 meter, dan ada juga yang rusak sepanjang 5 meter. Nantinya tanggul tersebut akan diperbaiki dan dikembalikan ke fungsinya semula;

3. Sungai Lasolo samping RS Santa Anna : Tanggul jebol sepanjang 25 meter;

4. Kampung Salo : Tanggul jebol ;

5. Sungai Bonggoeya belakang Pasar Panjang : Tanggul sungai yang belum selesai dibangun oleh Pemkot Kendari.

“Kelima titik ini nantinya diperbaiki dan akan dikembalikan ke fungsi semula,” ujar Pj Gubernur.

Pj Gubernur juga mengungkapkan kondisi di lapangan, “Sempitnya akses jalan masuk membuat excavator tidak bisa masuk ke lokasi. Nanti akan digunakan _jack hammer_ yang tentunya akan menambah waktu dalam proses penyelesaiannya,” ungkapnya.

Andap menambahkan, “hal ini harus dilakukan segera mengingat intensitas curah hujan relatif tinggi beberapa waktu kedepan apabila merujuk pada prakiraan cuaca BMKG,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BWS IV Sulawesi Kendari Adi Umar Dani mengatakan akan mendukung sepenuhnya rencana normalisasi sungai pasca banjir ini.

“Ijin Pak Pj Gubernur, kami dari BWS IV Sulawesi Kendari akan mendukung sepenuhnya rencana ini, dan Insya Allah dalam waktu dekat kelima titik ini akan segera dikerjakan,” kata Dani.

Turut mendampingi Pj Gubernur yakni Kepala BWS IV Sulawesi Kendari, Asisten I, Kadis Cipta Karya, Kadis SDA dan Binamarga, Ka Bappeda, Kasatpol PP, Karo Kesra, dan segenap Pegawai daro Pemprov Sultra dan BWS IV Sulawesi Kendari. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *