Bangun Negeri

Pangdam XIV/Hsn dan Pj. Bupati Bombana Apresiasi Program Food Estate Bombana

×

Pangdam XIV/Hsn dan Pj. Bupati Bombana Apresiasi Program Food Estate Bombana

Sebarkan artikel ini

Bombana, suarakendari.com– Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso didampingi Danrem143 Halu Oleo, Brigjen TNI Ayub Akbar, Direktur PT. BMR Ridho Lestari serta General Manager External dan CSR PT BMR, Nely Almatsier melaksanakan Kunjungan Kerja pada PT. Bukit Makmur Resources (BMR) yang berlokasi di Desa Mapila Kecamatan Kabaena Utara, Rabu(17/5/2023).

Kehadiran Pangdam XIV/HSN disambut oleh Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si, Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Arm Muhammad Faozan, Forkopimda Bombana, Pasi Ops. Dim 1413/ Buton, Pasi Ops. Intel Dim 1413/Buton, Danramil Kabaena, Forkopimca, Dserta sejumlah manager PT. BMR.

Rombongan diarahkan menuju lahan Food Estate atau proyek ketahanan pangan terintegrasi yang digarap oleh PT. BMR yang ditumbuhi aneka tanaman sayur-sayuran yang tumbuh subur. Menariknya, berdasarkan keterangan koordinator lapangan Food Estate, tanah tempat menanam sayur-sayuran tersebut berasal dari limbah ore nikel.

Direktur PT. BMR Ridho Lestari mengatakan bahwa program ketahanan pangan terintegrasi ini merupakan program kerja sama dengan Kodam XVI/Hasanuddin yang juga merupakan program nasional untuk memenuhi ketahanan pangan. Sebagai tahap pertama, pihaknya menyiapkan lahan sekitar 5 hektar untuk menanam aneka tanaman seperti sayur dan buah-buahan serta membudidayakan ikan dan ternak di food estate tersebut

Ridho menambahkan bahwa kedepannya food estate ini dapat dikelola oleh BUMDes sebagai motor penggerak perekonomian bagi masyarakat sehingga mampu menciptakan kegiatan produktif berbasis pertanian yang dilakukan secara berkelanjutan oleh masyarakat sekitar dan diharapkan Proyek ketahanan pangan terintegrasi tersebut bisa menekan tingkat inflasi dan memenuhi ketahanan pangan di sekitar wilayah perusahaan.

Usai meninjau program tersebut, Mayjend TNI Totok Imam Santoso meminta semua pihak untuk mendukung program food estate. Tidak terkecuali bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana terkhusus kepada Dinas terkait yaitu Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan.(SrM)

? Kominfos Bombana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *