Tak Berkategori

Modus Arisan dan Investasi Seorang Wanita Diduga Menipu Puluhan Warga, Total Kerugian Rp 1 M

×

Modus Arisan dan Investasi Seorang Wanita Diduga Menipu Puluhan Warga, Total Kerugian Rp 1 M

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com – Seorang wanita berinisial LNR (27 Tahun), pelaku yang menipu puluhan warga berkedok investasi dan arisan dengan nilai uang hingga Rp 1 miliar, ditangkap aparat Polresta Kendari, pada Sabtu (21/1/2023) malam.

Pelaku ditangkap aparat di salah satu Warkop yang berlokasi di Jalan Chairil Anwar THR, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Pelaku berinisial LNR diamankan setelah kami menerima laporan, adanya warga yang merasa ditipu dengan modus investasi,” ujar Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh Eka Faturrahman.

Dalam kasus itu, Faturrahman menjelaskan modus pelaku melakukan penipuan dengan membuka dana pinjaman (Dapin). Dan mencari calon korban dengan menjanjikan uang akan berbunga jika mau ikut berinvestasi di dalam Dapin yang dia buat.

Pelaku ini membuat grup diberi nama DAPIN. Untuk meyakinkan korban, pelaku menulis list nama yang ikut berinvestasi lengkap dengan nominal uangnya.

Tetapi itu hanya dia tulis-tulis saja untuk meyakinkan calon korbannya. Dia janjikan, jika berinvestasi Rp 10 juta.

Lanjut Faturrahman, awalnya pelaku merealisasikan sistem tersebut dan dibayarkan kepada korbannya. Namun setelah berlanjut, pelaku tidak membayarnya dan uang para korban yang telah disetor langsung diambilnya.

“Berdasarkan data sementara jumlah korban ada 65 orang dengan total kerugian Rp 1 miliar lebih,” ucapnya.

Untuk kepentingan proses penyidikan lebih lanjut, pelaku telah diamankan di Polresta Kendari sejak Sabtu (21/1/2023) malam.

“Pelaku sudah kita amankan, kini masih dalam pemeriksaan penyidik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!