Peristiwa

Merawat Keberagaman Budaya di Sultra

×

Merawat Keberagaman Budaya di Sultra

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Dalam rangka merawat keberagaman budaya di Sulawesi Tenggara (Sultra) Pemerintah Provinsi (Pemprov), Polisi Daerah (Polda), dan Universitas Halu Oleo (UHO) teken Memorandum of Understanding (MoU) untuk membuktikan komitmen tersebut, Kamis (17/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut Rektor UHO Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc mengatakan, bahwa, keberagaman dapat menjadi pemersatu bangsa.

“Keberagaman budaya bukan menjadikan Kita untuk semakin berbeda tetapi keberagaman dapat dijadikan pemersatu bangsa, hal tersebut mesti kita jadikan pemahaman dan memaknai gambaran tentang Sultra

Ditempat yang sama Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan yang telah di programkan Polri.

“Keberagaman Budaya merupakan Implementasi Program Kapolri yang ke 10 (Sepuluh) terkait penguatan penanganan konflik sosial,” ujarnya saat membawakan sambutan.

Pihaknya menambahkan untuk mencegah terjadinya konflik sosial diperlukan kesadaran bersama salah satunya dituangkan dalam MoU ini.

“MoU hari ini adalah salah satu bentuk pencegahan konflik sosial atas perbedaan ditengah masyarakat, dan untuk itu keberagaman budaya mesti diartikan sebagai salah satu alat pemersatu bangsa,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap agar perbedaan budaya dapat menjadi pembelajaran khasanah budaya bangsa bagi masyarakat dan bahan edukasi bagi Pelajar.

Kapolda Sultra juga tak lupa meningkatkan diakhir sambutannya agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan mengikuti vaksinasi dan sama-sama melakukan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng.

Senada dengan hal tersebut Pemprov Sultra melalui Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Asrun Lio, M. Hum mengapresiasi MoU hari ini tentang keberagaman budaya.

“Kami sangat mengapresiasi hadirnya MoU hari ini dan langkah tersebut sebagai pencerahab dan pembelajaran terhadap keberagaman budaya,” katanya.

Ia juga berharap dengan hadirnya MoU tersebut dapat menjadi spirit untuk menumbuhkan sikap toleransi.

“Semoga hal ini dapat menjadikan spirit dan menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri Kapolresta Kendari AKBP Didik Efrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *