JelajahPariwisata

Menyelami Surga Bawah Laut Wakatobi

×

Menyelami Surga Bawah Laut Wakatobi

Sebarkan artikel ini
Dokumentasi foto: Wakatobi dive resort
Dokumentasi fofo: wakatobi dive resort
Dokumentasi foto: wakatobi dive resort

Wakatobi, Suarakendari.com-Kabupaten Wakatobi yang merupakan satu dari beberapa kepulauan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan kabupaten yang selalu menawarkan pesona bawah laut yang indah.
Hampir semua wisatan baik dalam negeri maupun luar negeri selalu memuji pesona alam bawah laut milik Kabupaten Wakatobi. Tidah heran, jika Wakatobi dijuluki syurga bawah laut. Jenis terumbu karang yang ada di Wakatobi tidak perlu diragukan lagi.

Surga bawah laut ini pertama kali dikenalkan di masa kepemimpinan Hugua sebagai Bupati Kabupaten Wakatobi. Banyak wisatawan yang datang untuk snorkling bahkan diving guna menikmati secara langsung indahnya panorama bawah laut tersebut.

Tidak hanya itu, syurga bawah laut Wakatobi, tidak hanya menjadi objek wisata melainkan juga beberapa kegiatan seperti pernikahan bawah laut dan pengibaran bendera merah putih saat merayakan HUT RI pernah diselenggarakan di laut Wakatobi.

Elisnawaty, seorang Instruktur Selam, menuturkan, bahwa, syurga nyata bawah laut yang ada di Wakatobi memang benar, ribuan jenis terumbu karang yang dimiliki laut Wakatobi tidak ada duanya jika dibandingkan dengan lain yang juga menjadi destinasi wisata laut.
Berdasarkan pengalamannya, ia juga pernah menyelam di Raja Ampat, Papua Barat, sama dengan Wakatobi, Raja Ampat juga memiliki keindahan bawah laut dengan keunikannya sendiri.
“Kalau masalah jenis ikan yang ada di Raja Ampat, saya akui Wakatobi mungkin kalah, tapi jika bicara masalah terumbu karang, saya yakin Wakatobi jauh lebih bagus dibandingkan Raja Ampat, disana (Raja Ampat,red) jenis ikannya memang bagus-bagus dan banyak, tapi hal itu karena disana tidak pernah terjadi pengeboman, sementara di Wakatobi dulu sering dilakukan pengeboman, setelah masuk taman nasional baru lautnya baru dikonservasi dan diprotek kawasannya, sehingga kita kalah kalau untuk jenis ikan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa seluruh wisatawan yang datang ke Wakatobi merupakan wisatawan laut yang memang tujuannya ingin melihat bawah laut, sehingga tidak heran jika Wakatobi mendapat julukan syurga nyata bawah laut.
“Kalau masalah julukan syurga nyata bawah laut, saya akui memang tidak ada yang menandingin Wakatobi, siapa yang tidak tahu akan keindahan bawah lautnya, jadi tidak perlu heran jika wisatan yang berkunjung bukan hanya dari dalam negeri melainkan juga luar negeri,” ujarnya.

Sebagai seorang instruktur selam, ia sudah banyak kali melakukan penyelaman di laut Wakatobi, semua orang yang diantarnya, pasti takjub dengan keindahan bawah laut Wakatobi yang memiliki terumbu karang tiada duanya.
Elis juga menyadari bahwa bukan hanya di Wakatobi yang memiliki keindahan bawah laut, tapi tak dapat dipungkiri Wakatobi selalu memiliki keunikan sendiri, sehingga wisatan yang pernah melihat syurga nyata bawah laut, pasti ingin datang kembali ke Wakatobi.

Keindahan bawah laut Wakatobi, bukan karena Wakatobi merupakan bagian dari Sultra, melainkan karena indahnya alam bawah laut dapat ditemukan di Wakatobi.
“Percayalah, kalau selama ini kita tidak pernah melihat syurga, maka temukan semua itu di bawah laut Wakatobi, tidak perlu mencari lagi karena di Sultra yakni Kabupaten Wakatobi kita menemukan syurga yang selama ini orang cari,” katanya.
Ia menyadari bahwa untuk mempromosikan wisata bawah laut, bukan hal yang mudah, tapi jika sudah ada orang yang datang, maka tidak perlu khawatir lagi untuk mempromosikan bawah laut.
“Jika sudah ada yang pernah datang dan melihat syurga nyata bawah laut ada di Wakatobi, saya yakin mereka pasti akan cerita ke keluarga dan teman-temannya, sehingga wisata bawah laut kita akan semakin terkenal,” ujarnya. Sk

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!