Ekonomi & Bisnis

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Kendari Melalui Temu Bisnis Sentra IKM

×

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Kendari Melalui Temu Bisnis Sentra IKM

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian telah menggelar acara Temu Bisnis Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangka Peningkatan Akses Pemasaran Dalam Negeri. Acara ini dilaksanakan di Hotel Claro Kendari dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Dr. Drs. Ridwansyah Taridala, M.Si. Selain untuk memberikan tambahan kemampuan berwirausaha, kegiatan Temu Bisnis juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya sentra IKM di wilayah Kota Kendari.

Sentra IKM meubeleur di Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga, dan Sentra IKM olahan pangan di Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat, telah disediakan oleh Pemkot Kendari untuk meningkatkan produktivitas pelaku usaha. Sentra IKM meubeleur bahkan telah dibangun sejak tahun 2016, dan Pemkot Kendari melakukan upaya perbaikan sarana dan prasarana yang ada di sana agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Sejumlah tempat seperti Kendari Beach juga dimanfaatkan untuk melahirkan aktivitas produktif.

Temu Bisnis Promosi Sentra IKM menjadi upaya konkret Pemkot Kendari dalam membantu pelaku usaha dan masyarakat di wilayah sentra IKM untuk mengembangkan bisnis dan peningkatan pendapatan. Ke depan, diharapkan kegiatan seperti ini dapat lebih sering dilakukan dan target sentra IKM lainnya juga dapat terbantu agar dapat mengakses pemasaran yang lebih luas lagi.

“Sentra IKM yang di Lepo-lepo telah dibangun sejak 2016, kita lakukan upaya perbaikan sarpras yang ada disana dan kita harap bapak-bapak/ibu pelaku usaha di Kota Kendari silahkan dimanfaatkan. Selain itu, sejumlah ruang juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM ataupun masyarakat untuk berdagang, sejumlah tempat ini seperti Kendari Beach yang dimanfaatkan untuk melahirkan aktivitas produktif”, ujarnya.

Tumbuh dan berkembangnya sentra IKM di Kota Kendari bukan hanya untuk keuntungan bisnis semata, tetapi juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Semoga dengan adanya inisiatif dari Pemkot Kendari, komunitas pelaku usaha dapat mendapatkan akses pemasaran yang lebih baik dan masyarakat bisa lebih sejahtera. Sk

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *