Tak Berkategori

Lanud HLO Kendari Gelar Upacara HUT TNI AU Ke 78

×

Lanud HLO Kendari Gelar Upacara HUT TNI AU Ke 78

Sebarkan artikel ini

KENDARI, suarakendari.com– TNI Angkatan Udara memperingati hari jadinya yang ke-78. Hari Jadi TNI Angkatan Udara kali ini dilaksanakan secara terpusat di Akademi Angkatan Udara (AAU) Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (22/4/2024)

Sedangkan seluruh Satuan Jajaran TNI Angkatan Udara di Indonesia, melaksanakan upacara peringatan tersebut secara serentak, termasuk di Lanud Haluoleo Kendari,pada Senin (22/4/2024).

Upacara yang dilaksanakan secara sederhana tersebut bertempat di Lapangan Military Apron Lanud Haluoleo dengan diikuti oleh seluruh anggota Lanud Haluoleo Kendari, baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, serta dihadiri Sekda Sultra mewakili Pj Gubernur Sultra, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sultra, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Komandan Lanud Haluoleo Kendari Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, SE.MM.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang di bacakan Danlanud Haluoleo Kendari Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, SE.MM menyampaikan, selamat hari ulang tahun ke- 78 kepada segenap Prajurit, Pegawai Negeri Sipil, dan keluarga besar TNI Angkatan Udara di manapun berada dan bertugas.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendorong TNI AU terus memodernisasi alat utama sistem senjata (alutsista).

“Modernisasi alutsista diharapkan dapat menjadi titik tolak TNI Angkatan Udara untuk mematangkan konsep Postur dan Renstra 2025-2044, sebagai bekal pertahanan matra udara menuju Indonesia emas 2045,” jelas Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto, saat membacakan amanat Panglima TNI.

Dalam kesempatan itu Panglima TNI juga mengingatkan adanya potensi konflik global. Mulai dari konflik Ukraina dengan Rusia, Palestina dengan Israel, dan terbaru Iran dengan Israel.

Peta konflik ini tentu berimbas terhadap kondusifitas Asean khususnya Indonesia.
Konflik di wilayah Asia sendiri terfokus pada kawasan Laut Cina Selatan.

Menurutnya hingga saat ini, kawasan tersebut masih memiliki konflik yang belum dapat diselesaikan. Dampaknya peta geopolitik di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik secara global maupun regional.

“Saya lihat Angkatan Udara sebagai pengawal dirgantara nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis termasuk teknologi yang menyertai demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita,” pesannya.

Di satu sisi Agus Subianto juga mengapresiasi peran TNI AU dalam misi kemanusiaan di Palestina. Berupa pengiriman bantuan kemanusiaan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J Super. Ini adalah bukti bahwa TNI memiliki peranan penting terhadap misi kemanusiaan dan perdamaian dunia.

“Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Udara yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina baru-baru ini. Membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina dengan tajuk Solidarity Path Operations bersama 8 negara lainnya,” ujarnya.

Dalam momen HUT ke-78 TNI AU ini juga mendorong agar para prajurit TNI AU bekerja dengan loyal, tulus ikhlas. Lalu mampu menghadapi modernitas secara profesional, unggul dan humanis. Ketiga adalah pertahankan tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh alutsista.

“Keempat, lakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif yang sarat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dengan berbasis Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Wajib TNI,” katanya. YS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!