Tak Berkategori

Lanud HLO Kendari Gelar Jambore Drone Se Sultra

×

Lanud HLO Kendari Gelar Jambore Drone Se Sultra

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com – Pangkalan Udara (Lanud) Haluoleo Kendari menyelenggarakan Jambore Drone Sultra yang diikuti ratusan peserta, di Homebase Lanud Haluoleo Kendari, pada Sabtu (17/2/2024).

Kegiatan yang berlangsung dua hari itu mendapat antusias luar biasa dari para peserta yang menghadirkan langsung pelatih dan pemateri dari Jakarta.

Komandan Lanud (Danlanud) Haluoleo Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto mengatakan kegiatan itu menjadi ajang silaturahmi sekaligus menjadi ajang berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para droner yang ada di Sultra.

“Ini merupakan wadah bagi komunitas drone di Sultra. Apalagi, kita datangkan rekan-rekan dari Jakarta agar wawasan kita lebih luas terkait penggunaan drone. Pasalnya, di Sultra sendiri sudah banyak perusahaan, dinas maupun instansi lainnya yang sudah menggunakan drone sehingga perlu ada komunitasnya,” ucap Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto .

Lilik Eko Susanto menilai penggunaan drone memiliki banyak fungsi baik bidang pertanian, pertambangan, pemetaan maupun lainnya.

Namun, dalam penggunaannya sudah diatur dalam regulasi.

“Setelah nanti komunitasnya sudah ada dan terdata, selanjutnya kita akan edukasi mereka terkait regulasi. Disitu ada aturan-aturan, misalnya tidak bisa terbang di objek vital maupun daerah terlarang,” kata Danlanud.

Hal senada disampaikan, KadisOps Lanud Haluoleo yang juga sebagai ketua panitia kegiatan Mayor Lek Setiono. Katanya, jambore drone menjadi momentum baik untuk mengairahkan semangat olahraga kedirgantaraan Sultra.

Danlanud HLO Kendari menambahkan peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan seperti dari TNI tiga matra, Polri, Basarnas, perguruan tinggi, perusahaan swasta dan dinas provinsi maupun kabupaten serta kota se Sultra.

“Pematerinya kita datangkan dari Jakarta. Kita berharap droner Sultra bisa teredukask dan bagaimana perizinan dan sertifikasinya,” pungkas Kolonel Pnb Lilik Eko Susanto . Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *