Environment

Kota Kendari Raih Penghargaan Adipura ke-12

×

Kota Kendari Raih Penghargaan Adipura ke-12

Sebarkan artikel ini

Jakarta, suarakendari.com– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI memberikan penghargaan Adipura Tahun 2023 kepada Kabupaten dan Kota yang berhasil menjaga kebersihan dan lingkungan hidup wilayahnya.

Upacara penyerahan penghargaan Adipura 2023 berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, pada Selasa (5/3/2024). Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin hadir menyerahkan langsung penghargaan Adipura Kencana kepada lima kabupaten dan kota, didampingi oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Selain Adipura Kencana, KLHK juga memberikan penghargaan Anugerah Adipura kepada 106 kabupaten/kota yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik pada tahun 2023. Salah satu Kota Kendari.

Kota Kendari, menduduki peringkat pertama dalam Kategori Kota Sedang. Kota Kendari diapresiasi atas upaya pengelolaan sampahnya yang semakin membanggakan dari tahun ke tahun.

Menerima penghargaan Adipura ke-12, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup menyampaikan rasa syukurnya, sekaligus prihatin atas terjadinya banjir yang melanda beberapa lokasi akibat hujan ekstrem yang mengguyur Kota Kendari pada Sabtu malam hingga Minggu pagi.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi Kota Kendari untuk menerima penghargaan Adipura ke-12. Namun, di tengah kebahagiaan ini, saya juga berempati atas terjadinya banjir di beberapa lokasi di Kota Kendari” Ucap Pj.Wali Kota Kendari

Yusup mengajak seluruh masyarakat untuk tetap solid dan saling mendukung, serta tetap konsisten menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota kita, serta kepada seluruh warga yang telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, kita jaga Alam, Alam Jaga kita” Tutup Pj. Wali kota Kendari.

Menurut data terbaru, Kota Kendari berhasil mencatat peningkatan yang signifikan dalam pengurangan dan penanganan sampah selama periode tahun 2022 hingga 2023. Jumlah timbulan sampah meningkat secara stabil, namun upaya pengurangan sampah terbukti sukses dengan adanya peningkatan dalam pembatasan timbulan sampah serta peningkatan pemanfaatan kembali sampah dan pendauran ulang.

Selain itu, Kota Kendari juga menunjukkan komitmen yang kuat terhadap praktik pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Jumlah sampah yang diproses melalui pengolahan meningkat secara drastis, meskipun masih ada kebutuhan untuk meningkatkan infrastruktur pengelolaan sampah di tempat pemrosesan akhir.

Hasilnya, persentase sampah yang berhasil dikelola mencapai 94.79% pada tahun 2023, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan dalam penanganan sampah yang belum dikelola.

Penghargaan Adipura Kencana 2023 diserahkan kepada lima kabupaten/kota lainnya yaitu Kota Balikpapan, Surabaya, Bontang, Bitung, dan Kabupaten Ciamis, yang juga menunjukkan kinerja baik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Pada Adipura Tahun 2023, telah dilakukan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, mencakup sekitar 50,39 persen dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *