Bangun Negeri

Konsel Perkuat Ketahanan Pangan di Era Pandemi

×

Konsel Perkuat Ketahanan Pangan di Era Pandemi

Sebarkan artikel ini

Konsel, suarakendari.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan terus berupaya mewujudkan dan memfasilitasi kebutuhan masyarakatnya dalam hal ketahanan pangan.

Salah satunya, membangjn Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan sarana pendukung lain untuk Gapoktan Tri Tunggal, di Desa Lambodi Jaya kecamatan Lalembuu yang telah diresmikan bupati konawe selatan.

Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga ST MM mengungkapkan, ketahanan pangan ditandai dengan tersedianya pangan yang cukup untuk dikonsumsi masyarakat. Baik antar daerah maupun antar waktu. Sesuai undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

“Pemerintah diamanatkan memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat demi terpenuhinya ketersediaan pangan yang memadai,” kata Surunuddin dalam sambutannya

Selain itu kata dia, salah satu instrumen untuk mewujudkannya melalui kegiatan usaha ekonomi produktif, Upaya strategis dan upaya membangun sistem ketahanan pangan di tingkat masyarakat.

“Keberadaan LPM relevan, karena memberi kemudahan akses pangan, baik secara fisik maupun ekonomi dalam hal ini daya beli,” ujarnya.

Dengan adanya LPM di desa Lambodi Jaya ini, kata Surunuddin, diharapkan berfungsi dengan baik. Sesuai petunjuk pelaksanaan dari Badan Ketahanan Pangan Republik Indonesia.

“Kami mengajak pengurus gapoktan aktif bekerja, kreatif dan yang tidak kalah penting, menjunjung tinggi kerjasama dalam bekerja. Manfaatkan fasilitas lumbung pangan ini dan sarana pendukung lainnya secara maksimal sehingga dapat membuka lapangan kerja, meningkatkan penghasilan petani,” sambung Surunuddin.

Sementara itu, Plt Kadis Ketahanan Pangan Konsel, Setia Ningsih Mangidi menyebut LPM tersebut dikelola Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tri Tunggal Desa Lambodi Jaya. Yang Dibangun pada tahun 2021 secara swakelola dengan Menggunakan dua sumber dana.

“Pertama sumber dana APBN, untuk pembangunan fisik LPM dan sarana pendukung lainnya, didanai melalui Dana Alokasi Khusus Bidang Pertanian. Terdiri dari satu unit lumbung pangan berkapasitas 60 ton gabah kering giling. Digunakan untuk menyimpan gabah, beras dan pangan pokok lainnya,” bebernya.

Kemudian terdapat sarana pendukung berupa satu unit lantai jemur, satu unit rumah rice milling dan satu paket mesin penggiling padi. Berkapasitas 1,5 ton gabah kering giling per jam

Sebelumnya Bupati Surunuddin bersama Ketua TP-PKK Konsel Hj Nurlin Surunuddin menyaksikan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di SD 1 Lalembuu.

Dikesempatan itu Bupati Surunuddin meminta masyarakat untuk segera melaksanakan vaksin karena Pandemi belum ada tanda-tanda berakhir dan bahkan di Pertengahan Februari ini kembali melonjak.
” Satu-satunya cara melawan Pandemi saat ini hanya melalui vaksinasi demi menguatkan imun tubuh. Saya sudah melihat perbedaan orang yang kena Covid-19 dengan sudah menjalani vaksinasi dengan yang belum. Justru yang parah itu mayoritas mereka yang belum vaksin, ” jelas Bupati.

Dikesempatan itu juga Bupati memberikan Doorprize berupa tas sekolah untuk semua siswa SD 1 Lalembuu yang sudah divaksin.

Naskah & Foto :Protokol dan Komunikasi Pimpinan Konsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *