Bangun Negeri

Komitmen Tinggi Bank Sultra Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR)

×

Komitmen Tinggi Bank Sultra Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR)

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com-Bank Sultra, sebuah bank yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara, memberikan perhatian serius terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan. Berbagai program yang diselenggarakan telah memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat meningkatkan citra perusahaan dan dapat menjadi sarana promosi bagi Bank Sultra.

“Tujuan utama dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Bank Sultra adalah untuk membina hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar, menciptakan pembangunan yang berkelanjutan, serta memberikan manfaat bagi Bank Sultra sehingga dapat meningkatkan citra perusahaan dimata masyarakat,”jelas Abdul Latif, Direktur Utama Bank Sultra.

Setiap tahun, lanjut Latif, Bank Sultra menyediakan anggaran untuk penyaluran CSR di setiap Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara. Penyaluran CSR dilakukan berdasarkan pedoman Bank Sultra melalui mekanisme non-tunai. “Dalam melakukan penyaluran CSR, Bank Sultra telah berkomitmen untuk melaksanakan program-program yang terkelola dengan baik dan sesuai dengan proposal yang diajukan,”ungkapnya.

Namun, dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait penyaluran CSR Bank Sultra selama tahun 2021 hingga periode Juni 2022, diketahui bahwa dari sisi administrasi, masih terdapat beberapa laporan pertanggungjawaban yang belum dilengkapi. Oleh karena itu, BPK merekomendasikan agar Bank Sultra melengkapi laporan pertanggungjawaban penyaluran CSR yang telah diberikan di 11 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara dan 3 daerah di luar Provinsi Sulawesi Tenggara (Bantuan Bencana Alam).

Meskipun begitu, Bank Sultra tetap menunjukkan kinerja yang baik. Hingga September 2023, Bank Sultra telah berhasil mencapai target kredit sebesar Rp.8,8 Triliun atau 103% dari target awal yang ditetapkan sebesar Rp.8,5 Triliun. Selain itu, total Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil tercapai mencapai 104% atau sebesar Rp.9,6 Triliun dari target yang sebesar Rp.9,2 Triliun. Bahkan, total aset Bank Sultra pun berhasil mencapai 108% atau sebesar Rp.12,6 Triliun dari target yang sebesar Rp.11,5 Triliun.

Dalam memperkuat jaringan kantor, Bank Sultra juga telah memiliki beberapa kantor yang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara, seperti Kendari, Kolaka, Muna, dan Buton. Dengan memperluas jaringan kantor, Bank Sultra berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat sekitar.

Dalam kesimpulannya, Bank Sultra menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan telah memenuhi tujuan utama dari pelaksanaan CSR itu sendiri. Meskipun terdapat beberapa catatan dari BPK terkait penyaluran CSR, Bank Sultra tetap menunjukkan kinerja yang baik dan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat sekitar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *