Bangun Negeri

KEMENLHK Bangun Kantor Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla di Konsel

×

KEMENLHK Bangun Kantor Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla di Konsel

Sebarkan artikel ini

 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kini memiliki  kantor Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Sulawesi yang bertempat di Kabupaten Konawe Selatan. Kantor bernama Manggala Agni Daops Sulawesi III ini telah diresmikan penggunaannya pekan lalu (24/1/22) oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KEMENLHK RI, Laksmi Dhewanti.

Pembangunan kantor Manggala Agni Daops Sulawrsi III tak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Konawe Selatan yang memberi hibah tanah seluas dua hektar. Dirjen Laksmi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM yang sebelumnya telah menghibahkan lahan seluas 2 hektar untuk pembangunan Kantor Manggala Agni Daops III Sulawesi sehingga kantor tersebut bisa berdiri.

Laksmi mengakui sejak menjadi Dirjen PPI 2019 lalu baru bisa melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah dikarenakan pandemi. Laksmi menambahkan Manggala Agni mempunyai tujuan utama untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan. “Indonesia punya tantangan yang sangat besar, yakni perubahan iklim. Indonesia bagian dari daerah yang sangat sensitif dengan bencana,” katanya.

Dirjen Laksmi menambahkan untuk wilayah Sultra Manggala Agni Daops III Sulawesi menjadi satu-satunya kantor di Sultra yang mengawasi kebakaran hutan dan lahan di Sulawesi Tenggara.

Sementara itu Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM mengatakan pihaknya memang sejak awal mendukung adanya Manggala Agni di Konsel, salah satunya dengan meminjamkan gedung di stadion Konsel untuk menjadi kantor sementara Manggala Agni.

” Terima kasih atas hadirnya kantor Manggala ini di Konsel, ini merupakan satu mitra strategis kami dalam melaksanakan dan menjaga wilayah Konsel ,” pungkasnya.

Naskah dan Foto : Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *