Humaniora

Sambuli, Dulu Kampung Miras Kini Jadi Kampung Pekerja

×

Sambuli, Dulu Kampung Miras Kini Jadi Kampung Pekerja

Sebarkan artikel ini

Suarakendari.com –  Kisah inspiratif datang dari dunia kepolisian kita. Dimana salah satu personilnya membuat terobosan inovasi yang cukup membanggakan, yakni, mampu  mengubah pola pikir dan  perilaku warga tempatnya bertugas, dari kegiatan yang tidak bermanfaat menjadi bermanfaat. Bahkan kampung yang dulu berlabel Kampung Miras kini berubah Menjadi Kampung Pekerja. Berikut kisahnya.

Adalah Aipda Sisran S.SI, yang bertugas di Kelurahan Sambuli melakukan perubahan tersebut, hal itu dilakukan demi mengubah paradigma berpikir masyarakat agar dalam kehidupan sehari hari masyarakat bisa terisi dengan hal hal yang lebih bermanfaat. Semua yang dilakukanya juga selaras dengan kinerja kepolisian yang presisi dan memberikan pelayanan serta informasi, kepada masyarakat terkait kamtibmas di daerah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sambuli Kecamatan Abeli, Kota Kendari,

Aipda Sisran S.SI, mengungkapkan, ide membangun kampung pekerja bermula saat dirinya menemukan fakta kehidupan sebagian besar warga kampung yang hanya menghabiskan waktu  dengan perilaku negatif, berupa meminum minuman keras. Kondisi ini pula yang membuat kasus tindak pidana  sangat menonjol di daerah ini, kala itu. Perilaku negatif sebagian warga ini sempat membuat Aipda Sisran pusing tujuh keliling. “Setiap saat Saya  selalu berpikir bagaimana cara agar bisa mengubah perilaku negatif sebagai warga itu,”katanya. Ia lalu memutar otak, mencari cara agar bisa mengubah pola berpikir masyarakat dari  tidak bermanfaat menjadi bermanfaat.

Kehadiran perusahaan gas elpiji di wilayah sambuli ternyata membawa berkah dan peluang inilah yang dibidik Aipda Sisran. Lantas Ia mencoba berkordinasi dengan pihak perusahaan Gas Elipiji Sambuli  dan menawarkan ide agar perusahaan membuka peluang kerja untuk masyarakat binaanya. Gayung bersambut, tawaran ide itu dipenuhi pihak perusahaan.

Tak  mau membuang kesempatan, Aipda Sisra kemudian membangun komunikasi dan berkoordinasi kepada pemerintah setempat serta  tokoh tokoh masyarakat Sambuli. “Saat itu saya informasikan,  bahwa, perusahaan Gas Elpiji  di sambuli siap memberikan peluang kerja kepada masyarakat setempat dan alhmadulillah semua menyambut baik kabar ini,”ungkapnya.

“Atas dukungan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat, makin meneguhkan dukungan perusahaan. Efeknya pun positif,  wajah Kelurahan Sambuli perlahan berubah , yang awalnya kaum pria saat  malam hari  sibuk dengan minum -minuman keras, kini telah berubah, warga kini disibukan dengan bekerja yang lebih bermanfaat,”terang Aipda Sisran, Bhabinkantibmas Sambuli.

Selain berubah label menjadi kampung pekerja, Sambuli juga kini dikenal sebagai kampung penyedia Gas Elpiji terbesar di Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Seperti kata pepatah, usaha tak menghianati hasil. Berkat perjuangan keras bersama seluruh komponen masyarakat, kini Kelurahan Sambuli telah membuktikan bahwa stigma “kampung Miras’ sudah tidak berlaku lagi. Sambuli kini lebih dikenal sebagai Kampung Pekerja.

Inovasi ala Aipda Sisran juga membawa efek positif terhadap menurunnya  kasus kasus tindak pidana di wilayah tersebutr yang jauh di bandingakan tahun-tahun sebelumya. Bahkan,laporan polisi terkait tindak pidana sangat berkurang. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!