Humaniora

Ini Usaha yang Bersinar selama Pandemi Covid 19 di Kendari

×

Ini Usaha yang Bersinar selama Pandemi Covid 19 di Kendari

Sebarkan artikel ini

Pandemi Covid 19 membawa dampak serius pada keberadaan dunia usaha di Indonesia termasuk Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Banyak usaha baik di skala makro maupun mikro yang gulung tikar dan berdampak pada dirumahkannya karyawan. Meski begitu di balik dampak negative pandemic pada sektor usaha, ada beberapa usaha yang tetap eksis bertahan dan bahkan beberapa usaha baru yang bermunculan. Berikut Usaha yang bersinar selama pandemic covid 19 di Kota Kendari.

  1. Usaha Pertambangan

Seperti diketahui Sulawesi Tenggara erupakan salah satu daerah beruntung karena dianugrahi Allah SWT dengan sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah kandungan sumber daya mineral berupa nikel, emas dan mineral lainnya. Dunia usaha tambang pun tetap terus menggeliat meski di tengah bayang-bayang ancaman wabah pandemo covid 19 yang tak jelas berakhirnya. Banyak pelaku usaha tambang yang tetap eksis bahkan meraup untung besar dengan hasil produksi nikel.

 

  1. Usaha Peternakan

Selama pandemic berlangsung ini menjadi salah satu usaha prospek, yaknik bisnis ternak. Ternak seperti ayam, kambing dan sapi menjadi usaha yang paling banyak digeluti warga saat ini. Ternak ayam misalnya member keuntungan yang signifikan, dari usaha daging ayam hingga telur. Begitu pula usaha ternak kambing berpotensi besar mendatangkan keuntungan, karena permintaan pasar terhadap hewan ternak yang satu ini selalu ada. Ada yang disuplai dalam keadaan hidup, misalnya untuk hari raya kurban atau idul adha, ada yang diternakkan untuk diambil air susunya dan  paling banyak adalah disuplai daging dan bagian lainnya untuk usaha kuliner, terutama untuk dimasak menjadi sate, gulai dan sop kambing. Selain banyak dicari pada momen tertentu, seperti Idul Adha, kambing juga biasanya dibutuhkan untuk acara keagamaan lainnya, misalnya untuk aqiqah. Maka, tidak heran jika mulai banyak yang berminat untuk menjalankan bisnis ini agar hasil ternaknya bisa disuplai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Usaha ini bisa dirintis dengan modal kecil namun berpotensi untuk mendatangkan untung besar. Tetapi, seperti halnya bisnis yang lainnya, usaha ternak kambing pun memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Usaha Perikanan

Budidaya perikanan di masa pandemi memang tengah banyak dilirik masyarakat mengingat budidaya perikanan kini merupakan investasi menguntungkan yang minim akan resiko. Salah satu tipe budidaya yang kini banyak peminatnya adalah perikanan air payau. Perikanan air payau ini mulai booming dan juga banyak dijadikan kiblat percontohan oleh nelayan-nelayan di Indonesia. Budidaya perikanan air laut juga banyak dikembangkan di era pandemic ini, sevagai contoh usaha budidaya lobster dan ikan kurapu, apalagi bibit lobster laut cukup banyak tersedia di perairan Sultra aat ini.

 

  1. Usaha Pertanian

Saat ini syarat bertani tidak membutuhkan lahan yang besar. Karena pada prakteknya sudah banyak inovasi teknologi yang diterapkan pada bidang pertanian. Hanya dengan luas tanah beberapa meter saja, Anda sudah bisa menjadi petani pemula. Jika dulu pertanian selalu identik dengan tempat yang panas, kotor, dan bau, namun kini usaha di bidang pertanian sudah banyak mengalami perubahan. Sebut saja istilah hortikultura, terrarium, hidroponik, adalah contoh metode pertanian modern yang praktis dan tidak membutuhkan lahan banyak. Banyak alasan yang membuat seseorang akhirnya mengelola usaha yang berkaitan dengan pertanian. Selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, Anda sebagai pengelola bisnis juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Hasil dari usaha bidang pertanian adalah kebutuhan pangan yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Keadaan ini yang sebenarnya perlu dimanfaatkan untuk mengelola pertanian secara modern. Sehingga menghasilkan peluang usaha yang berkelanjutan dan begitu luar biasa prospek keberhasilannya. Tidak sedikit orang yang menjadikan usaha pertanian adalah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa menambah penghasilan. Namun, banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan pertanian sebagai pekerjaan utama.

 

  1. Usaha Kuliner

 

Masa pandemic usaha kuliner adalah juara, dimana warga bisa memulai usaha dari rumah, salah satunya adalah usaha makanan. Makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia setiap saat. Oleh sebab itu, usaha di bidang ini selalu punya banyak peminat. Apalagi saat ini inovasi makanan terus berkembang dengan memberikan banyak sekali pilihan bagi konsumen. Usaha ini selain bisa menggunakan system offline juga online, sehingga semakin memberikan potensi usaha yang mencerahkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *