Peristiwa

Gerhana Bulan Parsial Terlama Dalam 500 tahun

×

Gerhana Bulan Parsial Terlama Dalam 500 tahun

Sebarkan artikel ini

Gerhana bulan parsial terpanjang dalam lebih dari 500 tahun dapat disaksikan di langit malam ini. Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika  (NASA), gerhana akan berlangsung lebih dari enam jam dari Kamis malam hingga Jumat pagi. Sebagian Amerika Selatan dapat melihat sekilas saat bulan terbenam, dan sebagian Asia Timur dan Australia mungkin melihat gerhana saat bulan terbit.

Gerhana bulan parsial terjadi ketika bagian dari bulan purnama jatuh di bawah bayangan Bumi (tidak seperti gerhana bulan total Mei) – lebih dari 97% bulan akan tertutup pada puncak gerhana.  Gerhana dapat dibagi menjadi fase penumbral dan umbral, menurut majalah Sky & Telescope. Penumbra adalah tepi luar bayangan bumi, berlangsung lebih dari enam jam, dan umbra adalah bagian terdalam dari bayangan, berlangsung 3,5 jam.

Anda tidak harus tinggal di luar sepanjang waktu untuk melihat gerhana ini, tetapi Anda mungkin harus memilih antara tidur larut malam dan bangun pagi-pagi, tergantung di mana Anda tinggal.

NASA memperkirakan gerhana akan mencapai puncaknya pada pukul 4:03 pagi ET pada hari Jumat. Gerhana akan dimulai pada 01:03 ET, tetapi peredupan bulan tidak akan terlihat sampai 02:19 ET, ketika bulan jatuh di bawah umbra bumi. Situs web timeanddate.com dapat memberi tahu Anda kapan Anda dapat melihat gerhana berdasarkan di mana Anda berada.

Kita dapat mengharapkan langit cerah melintasi Timur Laut, Atlantik tengah, dan dari Michigan dan Ohio ke Texas di Amerika Serikat, kata ahli meteorologi CNN Chad Myers. Sebagian besar Meksiko barat dan Baja Selatan hingga Mazatlan juga akan memiliki pemandangan yang jelas. Gerhana di wilayah lain di Amerika Utara — sebagian besar Tenggara, dari Dataran Tinggi ke Pantai Barat dan di sebagian besar New England dan Kanada — dapat dikaburkan oleh awan. Tapi jangan putus asa sepenuhnya.

“Ini adalah gerhana yang sangat panjang jadi bersabarlah sedikit dan cobalah untuk tetap hangat,” kata Myers.

Dalam semangat musim gugur penuh, bulan akan muncul warna coklat kemerahan selama gerhana. Atmosfer bumi, yang menyebarkan sinar matahari, akan menciptakan efek matahari terbenam yang diproyeksikan ke bulan.

Perayaan Bulan Berang-berang

Dikenal sebagai bulan berang-berang, bulan purnama November akan terlihat selama sekitar tiga hari. Bulan berang-berang dinamai berdasarkan waktu tahun berang-berang mundur ke tempat perlindungan mereka untuk musim dingin, menurut The Old Farmer’s Almanac.

Orang-orang Cree dan Assiniboine menyebut bulan ini sebagai bulan beku saat cuaca dingin mereda, dan Tlingit menyebutnya bulan menggali untuk mencari makan hewan, menurut The Old Farmer’s Almanac.

Budaya di seluruh Asia Tenggara juga merayakan bulan ini dengan festival, menurut NASA. Selama festival Loi Krathong di Thailand, orang-orang mendekorasi dan melepaskan keranjang ke sungai. Bulan purnama ini juga menandai Festival Air Kamboja, yang menampilkan perlombaan perahu naga. (CNN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *