Peristiwa

BWS Bakal Normalisasi Sungai Penyebab Banjir di Tumbudadio dan Lara

×

BWS Bakal Normalisasi Sungai Penyebab Banjir di Tumbudadio dan Lara

Sebarkan artikel ini

Koltim, suarakendari.com-Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari, bakal menormalisasi sungai yang menjadi penyebab meluapnya air di persawahan Desa Tumbudadio dan Lara Kecamatan Tirawuta beberapa hari lalu.

Kepala Pelaksanan BPBD Koltim Dewa Made Ratmawan ST MT menyebut, tim dari BWS ini, hadir pada Rabu (6/3/2024) pagi, bertujuan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kondisi sungai serta upaya-upaya yang dilakukan dalam pengelolaan dan pelestarian sumber daya alam di sekitar sungai.

“Semoga ini usulan normalisasi yang Pemda Koltim ajukan ke BWS, menjadi usulan prioritas pihak balai. Khususnya di area persawahan Desa Tumbudadio dan Lara, pihak BWS merespon dengan sangat cepat dan menurunkan tim teknisnya ke lokasi sawah yg terdampak banjir untuk meninjau kondisi eksisting sungai Iwoikondo yang menjadi penyebab lambatnya aliran air, karena adanya pendangkalan dan sedimentasi di sepanjang alur sungai tersebut,” beber Dewa.

Pihaknya berharap, dengan di turunkannya tim teknis ini, usulan Pemda koltim untuk dilakukannya normalisasi sungai sepanjang 2,5 Kilometer, dapat di realisasikan oleh pihak balai sehingga banjir di areal sekitarnya tidak terulang lagi.

Kunjungan ini kata dia, diharapkan dapat menjadi langkah awal yang bermanfaat dalam upaya pelestarian lingkungan hidup di sekitar sungai dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal. Keterlibatan aktif dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian sumber daya alam di Koltim. (Diskominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *