Peristiwa

BNPB Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang di Kota Kendari

×

BNPB Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang di Kota Kendari

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com– Staf Ahli Badan Nasional Penanggulangan Bencana Brigjen Purn Dr. Jahidin Chilo SIP M.Si di dampingi Pj. Walikota Kendari Muhammad Yusup, SE,. M.Si, Sekda Kota Kendari Dr. Drs. Ridwansyah Taridala M.Si serta Kepala OPD, Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Kota Kendari, meninjau langsung lokasi bencana banjir Rumah Sakit Santa Anna, dilanjutkan dengan mengunjungi korban banjir di Lorong Lasolo kelurahan Sodohoa dan kelurahan Kampung Salo, mengecek dapur umum, serta mengecek Posko kesehatan. Sabtu (9/3).

Staf Ahli BNPB, Brigjen Purn Dr Jahidin Chilo mengatakan kehadiran BNPB di Kota Kendari untuk melihat langsung kondisi warga yang terdampak banjir dan sekaligus memberikan bantuan dana siap operasi sebesar 250 juta rupiah dan bantuan makanan siap saji dan pendukung lainnya.
“Dana 250 juta rupiah untuk mendukung kegiatan operasional dalam penanganan bencana di daerah ini. Bantuan yang kami serahkan ini sesuai laporan yang masuk pada tanggal 6 dan 7, namun ternyata banjirnya berlanjut sampai tanggal 8, tapi tidak sedahsyat pada tanggal 6 dan 7,” ungkapnya.

Dirinya menilai Pemerintah Kota Kendari begitu cepat mengambil sikap, mengambil respon pada kejadian ini, sehingga bisa tertangani dengan baik meskipun masih ada kekurangan-kekurangan.

Dikesempatan tersebut Pj Wali Kota Kendari menyampaikan bahwa dirinya sangat prihatin kepada warga yang terdampak banjir dan tanah longsor di daerah ini.
“Kita selalu turun langsung melihat kondisi yang ada, dimana kita melihat ada dua tempat yang kita kunjungi dari Lorong Lasolo sampai Kampung Salo. Dua tempat ini dampaknya sangat luar biasa yang ditimbulkan daripada bencana banjir ini, oleh karena itu, saya hadir di sini dari semenjak kejadian itu, pemerintah kota sudah hadir membantu, baik itu lakukan evakuasi maupun melakukan penanganan,” ujarnya.

“Alhamdulillah semua infrastruktur kami, baik itu di tingkat kelurahan sampai tingkat kecamatan terus berjibaku untuk bagaimana bisa menangani dampak dari pada banjir, dan setiap kelurahan saya buat posko untuk memudahkan kita mendata dan berkoordinasi sesuai tingkatannya baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan dan sampai saat ini berjalan dengan baik,” tambahnya. Sk

Naskah & Foto : Pemkot Kendari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *