Environment

BKSDA Sultra Gagalkan Upaya Penyelundupan Puluhan Burung Endemik Wakatobi

×

BKSDA Sultra Gagalkan Upaya Penyelundupan Puluhan Burung Endemik Wakatobi

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra menggagalkan upaya penyelundupan puluhan burung kacamata yang merupakan endemik Wakatobi.

Kepala BKSDA Sultra, Sakrianto Djawie melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida mengatakan pihaknya menerima laporan mengenai keberadaan Burung Kacamata yang dikirim dari pelabuhan Wanci Wakatobi, menuju pelabuhan Kendari, melalui KM Napoleon 777, pada Selasa (7/322023), sekitar pukul 18.30 wita.

“Tim SKW II dan Resort KSDA Kendari langsung melakukan pengecekan lapangan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan KPPP dan pihak pelabuhan untuk bersama-sama memeriksa KM Napoleon 777 terkait adanya dugaan satwa liar yg dikirim tanpa dilengkapi dokumen asal usul satwa,” kata Laode Kaida, pada media Suarakendari.com, Rabu (8/3/2023).

Lanjut Kaida, tim berhasil menemukan sebanyak 64 ekor jenis burung kacamata wakatobi (Zosterops consobrinorum) beserta sangkar yang dibungkus dengan kardus, namun tim tidak menemukan pemilik burung tersebut

Selanjutnya, kata Laode Kaida, pihaknya mengamankan burung tersebut ke kantor BKSDA Sultra untuk dilakukan indentifikasi satwa dan pengumpulan keterangan terkait penguasaan satwa sebelum dilakukan pelepasliaran.

“Hasil identifikasi satwa bahwa jenis burung itu adalah burung kacamata yang endemik wakatobi, maka rencana pelepasliaran akan dikembalikan ke Wakatobi dan telah dilakukan koordinasi dengan Pihak Balai Taman Nasional Wakatobi untuk rencana lokasi pelepasliarannya,” pungkasnya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *