Bangun Negeri

Berhasil Kendalikan Laju Inflasi, Pj. Gubernur Sultra Optimis Pertahankan Surplus Beras

×

Berhasil Kendalikan Laju Inflasi, Pj. Gubernur Sultra Optimis Pertahankan Surplus Beras

Sebarkan artikel ini

 

Kendari, suarakendari.com – Memasuki awal bulan November 2023, kondisi ketersediaan beras di Sultra menunjukkan trend positif.

Hal itu didukung kebijakan Pj. Gubernur Sultra kepada Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan untuk melakukan langkah-langkah penanganan stok, dan mengalokasikan anggaran pada APBD-P 2023 untuk memberikan perhatian kepada sektor pertanian secara umum.

Sejak dilantik pada tanggal 5 September 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, terus melakukan percepatan pembangunan, termasuk sektor pertanian di Sultra. Hal ini terlihat dari langkah cepat yang ditempuh untuk menolong petani di tengah kondisi El Nino ini.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sultra, Dr. La Ode Muh. Rusdin Jaya, S.IP., M.Si. menghimbau para petani untuk tidak menjual gabah keringnya kepada pembeli dari luar.

“Kita maksimalkan dulu pemenuhan konsumsi lokal Provinsi Sultra, walaupun kami memahami bahwa mekanisme pasar tidak bisa kita halangi” kata Rusdin Jaya, pada media Suarakendari.com, Kamis (26/10/2023).

Berdasarkan data, surplus produksi beras lokal sampai Desember 2023 diperkirakan mencapai 22.994 ton.

“Olehnya itu kami menghimbau masyarakat agar jangan panik dengan pedagang yang berspekulasi menaikkan harga beras, tetap tenang, dan tetap awas berbelanja beras serta tetap memperhatikan kualitas dan kesehatan beras yang dikonsumsi,” pungkas Rusdin Jaya. Ys

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *