Bangun Negeri

Bengkel Kursi Roda untuk Disabilitas

×

Bengkel Kursi Roda untuk Disabilitas

Sebarkan artikel ini

Pada 29 September 2022 lalu, rombongan People Caravan berkesempatan mengunjungi Ohana Indonesia perwakilan Yogyakarta yang merupakan bengkel kursi roda, training, dan seating clinic layanan alat bantu kursi roda di Kabupaten Sleman.

Pendiri Ohana Indonesia, Risnawati Utami mengatakan, masyarakat disabilitas seharusnya sudah mendapatkan kursi roda yang telah disesuaikan kebutuhannya masing-masing yang tentu berbeda satu sama lain.

Ia menekankan, kenyamanan disabilitas dalam menggunakan kursi roda sangat bisa menunjang aktivitas sehari-hari, bahkan bisa mendorong mereka untuk berprestasi. Karenanya, Risnawati mengingatkan, memakai kursi roda memang tidak sembarangan.

Selain harus disesuaikan kebutuhan pengguna, harus selalu dilakukan langkah perawatan. Maka itu, mereka bermaksud pula menciptakan lowongan pekerjaan untuk masyarakat disabilitas, salah satunya dengan menjadi teknisi kursi roda di Ohana Indonesia.

Dalam G20, hak asasi penyandang disabilitas belum ditangani secara memadai oleh G20. Deklarasi Pemimpin G20 di 2019 hanya menyebutkan disabilitas di bagian Ketenagakerjaan.

Sebagai forum internasional dari 20 ekonomi utama yang berkontribusi 80 persen terhadap PDB dunia dan 79 persen terhadap perdagangan global, serta menampung 65 persen dari populasi dunia, G20 selayaknya mengadopsi hak-hak disabilitas dan interseksionalitasnya dengan gender ke dalam komitmen dan kebijakan untuk diselaraskan dengan prinsip-prinsip UN CRPD.

G20 harus membuat komitmen untuk melacak pengeluaran untuk mempromosikan inklusi dalam kerjasama pembangunan nasional dan internasional.

Naskah dan Foto:ASPPUK

 

 

 

 

 

#c20society
#c20summit
#BersamaUntukIklim
#SolusiIklim
#KitaUntukIklim
#PercayaPerubahanIklim
#DariKamiUntukKamu
#DariLokalUntukNasional
#MulaiDariLokal

#asppuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!