Peristiwa

Badai Tornado Terbesar Sepanjang Sejarah Amerika

×

Badai Tornado Terbesar Sepanjang Sejarah Amerika

Sebarkan artikel ini
Badai Tornado Amerika. Dok foto CGTN

Korban tewas meningkat menjadi lebih dari 90 saat tornado menghancurkan beberapa negara bagian Amerika Serikat. Korban tewas dari tornado kuat naik menjadi lebih dari 90 pada hari Minggu. Presiden Joe Biden mengatakan peristiwa bencana itu kemungkinan akan menjadi “salah satu badai terbesar” dalam sejarah Amerika.

Dilansir media CGTN, Badai Tornado menghantam dan menghancurkan sebuah pabrik lilin di Mayfield, Kentucky, menewaskan lebih dari 80 orang, kata Gubernur Andy Beshear, naik dari korban sebelumnya lebih dari 70 orang.

“Saya dapat memberi tahu Anda dari laporan yang saya terima, saya tahu kami telah kehilangan lebih dari 80 orang Kentuckian,” katanya kepada program “State of the Union” CNN. Jumlah itu diduga akan melebihi lebih dari 100 orang.

Beshear mengatakan 110 orang bekerja di pabrik itu. Sedikitnya enam orang tewas di gedung gudang Amazon di Illinois setelah tornado menghantamnya pada Jumat malam, kata Gubernur J.B. Pritzker. Polisi setempat mengatakan masih belum diketahui berapa banyak pekerja yang hilang.

Kepala Amazon.com Inc. Jeff Bezos Sabtu menyatakan rasa berbela sungkawa  setelah mengetahui tentang kematian di gudang Amazon di negara bagian itu.

“Berita dari Edwardsville tragis,” kata Bezos dalam tweet tentang kota tempat fasilitas itu berada. “Kami sedih atas kehilangan rekan satu tim kami di sana, dan pikiran serta doa kami bersama keluarga dan orang yang mereka cintai.”

Negara bagian AS lainnya, termasuk Arkansas, Missouri, dan Tennessee, telah melaporkan kematian terkait tornado, dengan total setidaknya delapan orang korban.

Setidaknya 331.549 pelanggan utilitas di beberapa negara bagian yang terkena dampak telah bertahan tanpa listrik, kata PowerOutage.US.

Pandangan umum tentang kerusakan dan puing-puing setelah wabah tornado yang menghancurkan melanda beberapa negara bagian AS, di Mayfield, Kentucky, AS, 11 Desember 2021. / Reuters

Kentucky mengumumkan keadaan darurat

Presiden AS Joe Biden pada hari Sabtu menyetujui deklarasi darurat untuk Kentucky yang paling parah terkena dampak dan berkoordinasi dengan gubernur negara bagian dalam tanggapan mereka.

“Pagi ini, saya diberi pengarahan tentang tornado yang menghancurkan di seluruh AS tengah. Kehilangan orang yang dicintai dalam badai seperti ini adalah tragedi yang tak terbayangkan. Kami bekerja dengan gubernur untuk memastikan mereka memiliki apa yang mereka butuhkan sebagai pencarian korban selamat dan kerusakan. penilaian berlanjut,” kata Biden.

“Ini adalah tragedi. Dan kami masih belum tahu berapa banyak nyawa yang hilang dan tingkat kerusakan total,” kata Biden kepada wartawan.

Menurut Gedung Putih, Biden telah berbicara dengan gubernur lima negara bagian yang dilanda badai – Arkansas, Illinois, Kentucky, Missouri dan Tennessee – untuk menyampaikan belasungkawa dan komitmen untuk memberikan bantuan dengan cepat pada hari Sabtu.

Biden mengatakan dana darurat juga tersedia untuk negara bagian lain yang terkena dampak – Missouri, Arkansas, Illinois, Tennessee dan Mississippi – jika mereka membutuhkannya. (CGTN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *