Bangun Negeri

Asyiknya Bertani Hortikultura

×

Asyiknya Bertani Hortikultura

Sebarkan artikel ini

Kendari, suarakendari.com- Petani hortikultura di Sultra kini mulai menikmati hasil dengan memanen aneka buah buahan di lahan milik. Petani di pinggiran Kendari seperti di Dusun Puulonggida, Kecamatan Watulondo misalnya tengah menikmati hasil panen buah klengkeng, jambu kristal yang tengah viral saat ini serta nangka merah.

Arif, salah satu petani yang mengembangkan pola tanaman hortikultura mengaku senang karena telah berhasil memanen aneka tanaman buah buahan di lahan miliknya.

Di lahan seluas tiga hektare ini terdapat aneka tanaman seperti klengkeng, durian, jambu kristal, nangka merah.

“Untuk klengkeng sendiri ada sekitar 30 pohon , durian 60 pohon, jambu kristal 60 pohon dan semua sudah berbuah,”kata Arif petani hortikultura di Puulonggida.

Arif mengaku bertani karena dirinya senang rmemihara tanaman. Ia sendiri tak punya pengetahuan khusus bertani buah-buahan dan hanya melihat dari totorial di media social. “Saya karena enang saja bisa merawat tanaman,”

Potensi tanaman hortikultura di Sultra memang cukup menjanjikan untuk dikembangkannmengingat lahan masih tersedia cukup luas, terutama di daerah Kabupaten Konawe Selatan.

Olehnya, Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Sultra kini tengah melakukan pendataan dan pendampingan, dengan memberikan bantuan bibit pada petani setempat. Sejumlah petugas dinas juga diterjunkan mendata petani yang siap di daerah ini untuk ikut kegiatan Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) Tanaman hortikultura. Di kabupaten konsel terdapat dua titik prioritas, yaitu desa tanea , kecamatan konda, kabupaten Konsel dan Desa Pudaria Jaya, Kecamatan Moramo, kabupaten Konsel, dengan fokus jenis komoditi kelengkeng. Sk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!