Peristiwa

Assessment Center Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat di Polda Sultra

×

Assessment Center Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat di Polda Sultra

Sebarkan artikel ini

,

Kendari, suarakendari.com – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat mengikuti pembukaan Assessment Center sebagai bagian dari seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama.

Kegiatan itu dilaksanakan di Polda Sultra pada Selasa (14/11/2023), dibuka secara resmi oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Danang Beny dan dihadiri Kabagpen Kompeten SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bakti, serta assessor dari Mabes Polri dan Polda Sultra.

Pj Bupati Muna Barat dan Pj Bupati Buton Tengah juga turut hadir sebagai bentuk dukungan terhadap seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama.

Kabagpen Kompeten SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bakti mengatakan, Assessment Center merupakan metode penilaian standar yang bertujuan untuk menilai dan mengukur potensi calon pejabat serta memprediksi keberhasilan mereka dalam mengemban suatu jabatan. Metode ini melibatkan simulasi dan alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh para asesor.

“Melalui pelaksanaan Assessment Center ini, diharapkan dapat menghasilkan pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, bertanggung jawab, optimal, dan profesional,” kata Kombes Pol Eka Satria Bakti,

Assessment Center Polri sendiri membawa konsep penilaian yang terfokus pada kemampuan manajerial dan keberhasilan dalam menangani serta memberikan solusi pemecahan masalah.

“Tujuan akhirnya adalah memenuhi harapan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat untuk memiliki pejabat yang kompeten dan berintegritas tinggi,” ucapnya.

Adapun jabatan yang di seleksi, untuk Kabupaten Muna Barat yakni
1. Staf ahli bupati bid pemerintahan dan Polhukam
2. Kadis perdagangan dan perindustrian
3. Kadis kelautan dan perikanan

Buton Tengah :
1. Kadis PUPR
2. Kadis Pariwisata

Dengan jumlah peserta sebanyak 34 orang.

Sementara itu, Bupati Muna Barat Bahri menyampaikan, untuk Pemkab Muna Barat sendiri, bukan kali pertama melakukan assesement untuk menyeleksi Pejabat Pimpinan Pratama.

“Kami ini sudah kali kedua melaksanakan assesment pejabat di Polda Sultra karena memiliki akreditasi A,” ujar Bahri.

Bahri menambahkan Seiring berjalannya waktu, harapan masyarakat Muna Barat kini tertuju pada hasil seleksi ini, yang diharapkan akan melahirkan pemimpin berkualitas dan mampu membawa kemajuan di tingkat pemerintahan Kabupaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *