Bangun Negeri

Ajang Balap Kelas Dunia Kini Siap Digelar di Indonesia

×

Ajang Balap Kelas Dunia Kini Siap Digelar di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Ajang-ajang balap kelas dunia kini siap digelar di Indonesia. Kepastian tersebut setelah  Presiden Joko Widodo meresmikan sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021).
“Hari ini, saya meresmikan Sirkuit Mandalika, sirkuit balap sepanjang 4,3 kilometer yang berlapiskan teknologi aspal terbaru, yang terletak di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,”kata Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi meresmikan sirkuit Mandalika, Jumat (12/11/2021. Dokumentasi foto: Kementerian Sekretariat Negara RI/FB

Sebentar lagi, di sirkuit ini akan diselenggarakan World Superbike 2021 dan dilanjutkan dengan MotoGP di bulan Maret 2022.

Bersamaan dengan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi juga meresmikan jalan bypass sepanjang 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan KEK Mandalika. Dengan jalan baru ini, waktu tempuh dari bandara ke Mandalika hanya 15 menit saja.
“Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” jelas Presiden dalam sambutannya.
Sebelum meresmikan, Presiden Jokowi sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor pribadinya.
Kepala Negara berharap Sirkuit Mandalika juga dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Presiden meyakini perhelatan akbar internasional seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.
Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).
Sirkuit Mandalika akan siap lokasi ajang-ajang internasional, tapi Prsesiden Jokowi tetap mengingatkan agar pelaksanaannya tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *