KulturPariwisata

November 2021, Festival Lulongganda kembali Dihelat

×

November 2021, Festival Lulongganda kembali Dihelat

Sebarkan artikel ini

Festival lulongganda, ivent budaya tolaki di Desa Benua, Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara rencananya akan kembali digelar November 2021 mendatang. Perhelatan sentra seni budaya ini mendapat sokongan penuh dari Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Selatan.

Rudi, Kepala Desa Benua mengaku telah menyiapkan berbagai persiapan menuju hari H. “Semoga terlaksana dengan sukses,”katanya. Pelaksanaan kegiatan festival rencananya digelar 21 November 2021 mendatang.

Koordinasi antara Dinas Pariwisata Konsel dan pemerintah Desa Benua terkait rencana kegiatan Fastival Lulongganda. Dokumentasi foto: Dispar Konsel

Sementara pemerintah Kabupaten Konawe Selatan melalui  Dinas Pariwisata setempat memberikan apresiasi dan dukungan penuh pada rencana  kegiatan festival lulongganda tahun ini.

Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Konawe Selatan,  Muhammad Aswan Yasin mengaku, pemerintah daerah memberi apresiasi dengan mendukung sepenuhnya kegiatan festival lulongganda. “Kami berharap ini akan menjadi ivent tetap setiap tahun,”katanya.

Festival Lulongganda merupakan kegiatan yang sangat ditunggu tunggu masyarakat  Sulawesi Tenggara khususnya di  konawe selatan mengingat ivent budaya kolosal ini dilakoni hanya setahun sekali. Tradisi lisan seperti; moanggo, metaenango, tolea pabitara  dapat disaksikan di kegiatan ini. Begitu pula kegiatan seni olah raga local seperti; modinggu, umoara, dan kondau (silat/beladiri tolaki) dapat disaksikan dengan meriah di sana.

Festival Lulongganda tahun ini nampaknya masih harus menyesuaikan dengan propokol kesehatan yang ketat mengingat status konawe selatan masih membutuhkan pembatasan keramaian atau kerumunan.

“Saya kira festival lulongganda kali ini masih diselenggarakan dengan mematuhi protocol kesehatan mengingat wabah covid 19 yang belum reda,”kata Aswan. SK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!