WNA Ditahan Imigrasi, Ini Kesalahannya

0

SUARAKENDARI.COM, Sebanyak lima warga asing asal china yang diamankan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Kendari ternyata terjaring saat operasi gabungan. Demikian dikatakan Kakanwil Hukum dan HAM Sultra, Ilham Djaya.

“Kami melakukan operasi gabungan dengan melibatkan Polri,BIN, Lanud, Lanal, Disnaker, Imigrasi dan Kesbangpol terkait warga asing yang masuk ke daerah kita. Operasi gabungan ini dilakukan secera serentak di seluruh Indonesia, dari operasi gabungan kami berhasil mengamankan lima warga asing,” terangnya, Jumat (23/10/2015).

Dikatakannya lima warga asing tersebut antara lain dengan inisial DC, ZZ, GZ, SY dan ZY saat ini sudah diamankan di Kantor Imigrasi untuk diperiksa lebih lenjut. Menurut Ilham, kelima warga asing tersebut melakukan kesalahan ketika masuk ke Indonesia.

“Sebenarnya tidak ada hak kami untuk melarang warga asing yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, karena surat-suratnya lengkap, hanya saja mereka melakukan pelanggaran setelah masuk ke Indonesia. Contohnya, salah seorang dari yang diamankan tersebut izinnya akan bekerja di Kalimantan, tetapi kenyataannya justru bekerja di Konawe Selatan, jadi melakukan kesalahan sehingga kami amankan dulu,” jelasnya.

Penangkapan terhadap lima warga asing tersebut berhasil dilakukan dalam operasi gabungan yang digelar sejak tanggal 19 sampai 23 Oktober. Terkait sanksi pidana, Ilham tidak dapat menjawab hal tersebut.

“Kita tidak ada niatan untuk menakut-nakuti, hanya kita amankan dan kita pidana, dilakukan lagi pemeriksaan lebih lanjut, kalau memang ada kesalahan hingga berujung pada sanksi pidana pasti akan diproses,” ujarnya. (LINA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.