Waspada Dana Desa Rawan Dikorupsi

0

– DPRD Bombana Curiga, Ada Program Titipan Pejabat –

Suarakendari.com-Realisasi peruntukan anggaran desa di wilayah Kabupaten Bombana mulai  diutak-atik secara tidak sehat, bahkan mulai terindikasi korupsi. Pasalnya, item pembangunan yang disodorkan pada pagu anggaran desa, rupanya tidak semuanya lahir dari aspirasi masyarakat desa.

Akan tetapi, ada program titipan oknum pejabat yang dilakukan dengan cara mengintervensi aparat desa.  Anehnya, meski usulan titipan itu ditentang masyarakat umum akibat urgensinya belum begitu mendesak. Namun faktanya, tetap dipaksakan akibat adanya tekanan tertentu.

Di Desa Rompu Rompu Kecamatan Poleang Utara misalnya, masyarakat dikejutkan dengan hadirnya program lampu penerang jalan. Padahal program itu tidak pernah disinggung saat rapat musyawarah pembahasan dana desa.

“Banyak yang aneh, tiba-tiba saja terselip program baru ditiap  APBD Desa. Jangankan di usulkan, disinggungpun di dalam rapat pembahasan itu tidak pernah. Tapi tiba-tiba muncul di dalam APBD Desa,” terang Syukur anggota DPRD Bombana usai meninjau wilayah Desa Rompu-Rompu.

Lebih ironinya lagi kata politisi Gerindra ini,justeru yang ramai diperbincangan atau diusulkan saat pembahasan APBD Desa ini yang tidak dimasukan. “Ambil contoh, masyarakat di Rompu Rompu itu sangat mendambahkan hadirnya irigasi untuk pengairan. Masyarakat ramai-ramai meng-iyakan untuk program ini. Anehnya, begitu APBD Desanya muncul, justeru item irigasi itu yang tidak ada, malah pengadaan lampu jalan yang tidak perna diusulkan itu, yang muncul. Inikan aneh dan lucu,” heran Syukur.

Anggota Dewan yang dilantik 1 Oktober 2014 lalu ini mengatakan item pembangunan yang diajukan ditiap APBD desa tidak murni lagi. “Saya tanya pada aparat desanya. Kenapa lain yang diusul, lain pula yang tetera di APBD. Mereka bilang telah di intervensi. Mereka bilang, telah diarahkan oleh instansi tertentu. Ini yang saya protes, ini cara-cara yang tidak benar,” jelas Syukur.

Mantan Kepala Desa Tontonunu ini ingatkan Pemkab Bombana agar lebih profesional dalam menentukan program pembangunan desa di Bombana. “Jangan di intervensi dong. Item pembangunan itu harus disesuaikan dengan harapan Masyarakat. Jangan munculkan item, titip-titipan semacam itu,” tukasnya. (DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.