Warga Sultra Harus Waspada Penyakit Antraks

0

KENDARI, SUARAKENDARI.COM-Menjelang hari raya Idul Adha, para pedagang mulai ramai menjual hewan kurban. Warga pun diminta waspada dalam membeli hewan kurban dengan terlebih dahulu memastikan daging yang akan dikonsumsi tersebut sehat.

Hal ini melihat hasil pemeriksaan laboratorium Dinas Pertanian dan Peternakan Sulawesi Tenggara mengidentifikasi virus yang mirip dengan antraks pada beberapa hewan ternak di Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur yang ternyata berkategori suspect antraks.

Demi memastikan, hasil uji laboratorium telah dikirim ke Balai Laboratorium di Kota Maros Sulawesi Selatan. “Hasilnya nanti kita akan lihat apakah positif antraks atau tidak,”kata Ir Muhammad Nursyamsi, Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan Masyarakat Veteriner Sultra.

Pemerintah Sultra pun telah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus yang dapat menjangkiti manusia tersebut, dengan memperketat pengawasan pintu masuk perdagangan ternak sapi ke Sultra dari wilayah Sulawesi Selatan dan daerah lainnya di Indonesia.

Seperti diketahui, antraks adalah penyakit mematikan yang dapat menular pada manusia, yang disebabkan oleh bakteri bacillus antracsis, dimana kulit penderita yang terkena antraks akan meenghitam. Penyakit ini bersifat zoonosis yang artinya dapat menular dari hewan ke manusia. (KPS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.