TNI Pasang Lampu Surya di Rumah Ibadah

*Implementasi Renewable Energy dalam TMMD 104 Konawe

Suarakendari.com– Untuk menggugah kesadaran penggunaan energi terbaharukan (renewable energy), TNI melalui kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa), akan memasang lampu tenaga surya di dua rumah ibadah. Tempat ibadah tersebut, Mesjid Nurul Iman dan Gereja Pancaran Kasih, adalah dua program pekerjaan fisik unggulan dalam kegiatan TMMD ke-104 yang dilakukan di Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Kami mencoba memperkenalkan energi tenaga surya sebagai sebuah alternatif baru dalam program pembangunan di TMMD ini. Energi surya merupakan renewable energy (energi terbaharukan -Red) yang sudah selayaknya kita jadikan sebagai fokus utama di Indonesia ini”, ungkap Letkol CPN Fajar Wijaya, Dansatgas TMMD di lokasi. Masing-masing tempat ibadah akan dipasangi dua set lampu dengan tenaga surya (solar cell).

Lampu berkekuatan 60 watt ini, menggunakan teknologi LED yang menghasilkan tingkat luminasi (daya terang) sebesar 6600 lumens, setara dengan lampu jalan yang ada di kota besar. Selai itu, baterai lithium berkekuatan 19 Ah mampu bertahan sampai tiga hari dalam kondisi tidak ada sinar matahari sama sekali. Panel lampu juga sudah menyatu dengan panel sel surya, juga dilengkapi dengan controller built-in yang menjaga kestabilan voltase dan arus saat melakukan proses charging di siang hari. Dengan kualifikasi ketahanan air IP65, lampu ini dapat bertahan dalam hujan deras sekalipun.

Masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan TMMD 104 di Konawe ini. “Kami sangat terbantu dengan hal ini. Semoga renovasi masjid ini lebih meningkatkan ibadah umat Islam disini “, ujar Haji Manoara, Kepala Desa Lawuka. Yulius Bari, tokoh gereja Pancaran Kasih juga mengungkapkan hal senada. “Kami sangat terbantu dengan program ini, semakin mendekatkan antara TNI dengan rakyat”, ujarnya.

Inisiatif TNI dalam TMMD ke-104 ini semoga bisa menjadi cambuk kepada pemerintah dan masyarakat untuk lebih memasyarakatkan penggunaan teknologi tenaga surya yang aman terhadap lingkungan, bersih dan tentunya sangat hemat biaya di negeri ini. UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.