Tingkatkan Produktivitas Sapi Melalui Inseminasi Buatan

 

Suarakendari.com-Guna meningkatkan produktifitas ternak sapi di wilayah kabupaten konawe sulawesi tenggara tentara manunggal membangun desa (TMMD) yang di gelar oleh kodim 14 17 kendari melakukan inseminasi buatan terhadap ternak sapi.

Pati ahli Kasad Brigadir Jenderal TNI Steverly Parenkuan yang mengunjungi lokasi tmmd 104 di kabupaten konawe mengatakan inseminasi buatan yang dilakukan oleh para personel tni di daerah ini merupakan yang pertama kali dilakukan dan hal ini diakui sangat membantu para peternak sapi untuk meningkatkan produktivitas ternak sapi.

inseminasi buatan pada kegiatan TMMD 104 kodim 1417 kendari rencananya akan menjadi percontohan untuk kegiatan tmmd pada tahun berikutnya sebab hal ini sangat berdampak baik untuk mendukung pemerintah dalam mencukupi kebutuhan daging didalam negeri.

“Ini pertama kali diindonesia mudah mudah ditempat lain di seluruh indonesia diharapkan bisa menjadi contoh, hal ini adalah rekasaya genetic yang nanti bisa menghasilkan sapi lebih, beratnya lebih besar dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat’ bebernya.

Sementara itu wujud, peternak sapi desa lawuka mengungkapkan adanya program inseminasi yang dilakukan tmmd kali ini sangat membantu masyarakat sebab keberhasilan kehamilan sapi lebih tinggi di banding dengan kawin alam.

Sehingga hal tersebut dapat mempercepat perkembangbiakan ternak sapi, selian itu dengan mengikuti program tersebut produktivitas dan berat sapi akan lebih tinggi sehingga harganya juga akan meningkat.

“Saya sudah mengikuti program ini, perkembangannya cukup baik dan hasilnya dapat lebih meningkatkan perekonominan kami peternak sapi di desa ini, ungkapnya.

Komandan kodim 1417 kendari Letkol CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya mengungkapkan target untuk induk sapi yang masuk dalam program inseminasi pada kegiatan tentara manunggal membangun desa mencapai 240 ekor sapi dan untuk pelaksanaannya sudah 147 sapi yang telah di inseminasi.

“Paska program TMMD selesai nanti kodim 1417 Kendari, juga akan memberikan pendampingan terhadap peternak sapi di wilayah tersebut dengan melibatkan para babinsa setempat” tegasnya.

Selain program inseminasi buatan tmmd kali ini juga melaksanakan pembangunan infrastruktur di lima desa yakni pembuatan jalan desa sepanjang 3 kilometer dan jalan usaha tani sepanjang 7 kilometer serta rehabilitasi rumah ibadah.

Pelaksanaan tentara manunggal membangun desa tmmd dilaksanakan di kecamatan anggotoa kabupaten konawe dan menyasar 5 desa yakni Desa Wowanario, Desa Karandu, Desa Lawuka, Desa Nario Indah, Desa Wawoparesa. UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.