UHO akan Bangun Marine Techno Park

SUARAKENDARI.COM-Langkah besar dilakukan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tahun 2016 mendatang. Universitas terbesar di Sulawesi tenggara tersebut akan membangun pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kelautan atau marine techno park.

“Pembangunan `marine techno park` ini berlokasi  di Desa Lalowaru Kecamatan Moramo Utara dengan luas lahan sekitar 9 hektare,” kata Prof La Sara di Kendari,  Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UHO Kendari pada wartawan.

Saat ini, lanjut La Sara, pihaknya  tengah menunggu persetujuan pendanaan dari pemerintah pusat. “Kalau sudah `fix` kita langsung kerjakan di tahun 2016,”ujarnya.

Sebagai tahap awal dari rencana pembangunan marine techno park tersebut, UHO melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah mendesain bentuk teknologi yang akan dikembangkan di lokasi tersebut.
UHO sebagai penyedia sumber daya manusia di bidang perikanan dan kelautan, telah mempersiapkan pembangunan pusat penelitian tersebut.

“Dengan adanya tehno park ini, selain akan memudahkan mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian, juga kita gunakan untuk menunjang peningkatan produksi pada sektor perikanan dan kelautan di Sultra,” ujarnya.

Oleh karena itu,di kawasan tersebut juga nantinya dibangun laboratorium penelitian terpadu yang akan memberikan kesempatan yang luas kepada para peniliti untuk melakukan berbagai penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mengembangkan potensi kelautan.SK/AN

Pemkab Bombana Terapkan E-Office

SUARAKENDARI.COM-Pegawai negeri di lingkup pemerintah Kabupaten Bombana sebentar lagi akan menikmati   sistem perkantoran elektronik. Dimana  penggunanya mencakup seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) pada tahun 2016. Sebuah terobosan  yang terbilang cukup maju  dilakukan pemerintah kabupaten.

Sekretaris Kabupaten Bombana, Burhanuddin HS Noy di Rumbia, ibu kota Bombana, Selasa, menuturkan aplikasi perkantoran eletronik memiliki fitur utama persuratan yang terdiri dari disposisi, surat keluar, surat masuk dan pengarsipan. “Aplikasi `e-office` ini berjalan pada `web browser` dan dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet,” tutur Burhanuddin.

Keunggulan “e-office” di antaranya file atau dokumen yang diunggah tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berhak, dapat diakses di mana dan kapan saja ketika terhubung dengan internet dan mengurangi penggunaan kertas.
“Jadi kalau bupati atau pejabat daerah lainnya sedang di Jakarta bisa mendisposisi surat masuk, tanpa menunggu hingga berkantor,” ujar Burhanuddin,mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sultra itu.

Burhanuddin menjelaskan, kemampuan utama peranti lunak “e-office” mencakup fungsi otomatisasi proses dan dokumen, otentifikasi dan pengamanan kerahasiaan dokumen, serta integrasi proses antarmodul.

“Kemampuan utama tersebut nampak dalam arsitektur sistem mulai dari login (masuk) sampai keluar (logout) dari aplikasi,” imbuhnya.

Sebelum diberlakukannya sistem aplikasi “e-office”, lanjut Burhanuddin, telah diutus sejumlah personel dari setiap SKPD untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan tentang pola pengoperasian sistem tersebut.

“Sebanyak 18 operator telah mengikuti pendidikan dan pelatihan, Mereka akan mengoperasikan sistem aplikasi ini, sehingga kendala teknis dapat diminimalisir,” ujarnya.

Aplikasi “e-office”, kata Burhanuddin, baru di lima pemerintah provinsi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, Manado, dan nanti Bombana di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Untuk mempercepat proses “loading”, kata dia, Pemkab Bombana menggandeng PT Telkom, sementara instalasi dan penggunaan aplikasi dikerjasamakan dengan pihak Secure Eletronic Office Andara (SEOAN).SK/ANT

Kuasai Domain ” Google.com ” , Pria Ini Dapat Hadiah

Sanmay Ved, Seorang mahasiswa yang juga mantan Pegawai Google berhasil menguasai Domain Google.com selama satu menit. Sanmay Ved telah berhasil membeli domain Google.com dengan harga hanya 12 Dolar AS atau sekitar Rp. 163,6.

Meski cuman satu menit, rupanya Sanmay Ved diberi hadiah oleh raksasa Internet tersebut, atas jasanya menunjukan kelemahan pada sistem perusahaan tersebut.

Kejadian tersebut bermula, Ketika ved iseng-iseng membuka situs Google Domain yang merupakan situs layanan jual beli domain internet milik Google. Ia kemudina mencoba memasukkan nama Google.com dan ternyata situs berisi mesin pencari itu dinyatakan dijual.

Tanpa pikir panjang Ved pun lalu membeli domain tersebut  dan kemudian menerima pemberitahuan dari sistem Google bahwa domain Google.com sudah menjadi miliknya. Namun hanya Kurang dari satu menit, dia lalu menerima pemberitahuan bahwa pembeliannya dibatalkan dan bahwa domain itu sebenarnya sudah dikuasi orang lain. Google juga mengembalikan uang Ved.

Ved kemudian memberitahukan masalah tersebut kepada tim keamanan Google dan mereka kemudian segera mengatasinya.

Akibat temuan kelemahan sistem yang di temukan Ved, Google memberinya hadiah. Ketika mereka tahu bahwa Ved akan menyumbangkan hadiah itu kepada yayasan amal, Google kemudian menggandakan hadiahnya.

“Saya memberitahu mereka bahwa yang saya lakukan bukan untuk uang. Saya meminta mereka mendonasikan uang itu utuk yayasan Art of Living India Foundation,” jelas Ved dalam akun LinkedIn miliknya.

Google sendiri belum memberikan komentar resmi mengenai insiden itu.(Suara.com)

SmartPants, Celana Dalam Khusus Smartphone di Jepang

Kalau biasanya Celana Dalam digunakan untuk melindungi organ intim pada tubuh seseorang. Kali ini di Jepang ada sebuah Aksesoris Bernama SmartPants yang mirip Celana Dalam. Aksesoris ini tidak digunakan seperti fungsi Celana dalam Pada umumnya, Tapi hanya untuk melindungi Bagian Port USB yang terletak di tepi bawah Smartphone.

Bentuknya Memang seperti celana dalam, mirip yang biasanya dipakai untuk melindungi organ intim pada tubuh seseorang. Tapi dalam Konteks ini Smartpants digunakan untuk menutupi bagian tertentu Pada Perangkat Smartphone.

Kalau melihat fungsinya, sebenarnya SmartPants ini sama sekali tidak memiliki fitur apa-apa. Ketika dipakai, pengguna cuma akan menikmatinya sebagai aksesoris yang (mungkin) memanjakan mata.

Kendati demikian, menurut Bandai, produsen SmartPants, celana dalam gadget tersebut sukses di pasaran. Menurut klaim mereka, SmartPants sangat diminati oleh masyarakat Jepang, baik usia remaja atau dewasa.

Bandai pun menanggapi booming aksesoris tersebut dengan mengeluarkan SmartPants bercorak baru, antara lain corak hewan, pisang dan gunung Fuji. Variasi bentuknya pun hampir mencakup segala celana dalam yang bisa dibayangkan, mulai dari bikini, celana dalam segitiga dan lain sejenisnya.

Di Jepang, celana dalam khusus smartphone dijual seharga 2 dollar AS atau sekitar Rp 28 ribu per potong. Mereka meletakkannya dalam vending machine alias mesin penjual otomatis yang tersebar di seantero Negeri Samurai itu. (Nextren)

Kemunculan Domain “Dot Bro ” Picu Kontroversi

Kehadiran Domain .bro (Baca:dot bro) mengundang perdebatan di kalangan pelaku industri TI. Google dan Mozilla merupakan dua perusahaan yang keras menolak kehadiran domain tersebut.

Kedua perusahaan raksasa tersebut menilai, kehadiran domain .bro berpotensi memicu isu sensitiv kesetaraan Gender, Akibatnya Kaum perempuan akan merasa terasingkan dan terdiskriminasi.

“Domain itu (.bro) punya masalah gender, walau maknanya tak semata-mata bertendensi demikian. Lebih baik untuk menghindarinya,” kata Senior Engineer Google Zoltan Szabadka, sebagaimana dilaporkan TheInquirer, Selasa (13/10/2015).

Pro kontra kemunculan domain .bro pertama kali dipicu oleh Google. Kemudian Mozilla turut meramaikan melalui diskusi panjang pada forum situsnya, Bugzilla.

Sementara itu, Diforum online Reddit, diskusi terkait domain .bro juga berlangsung hangat. Seorang anggota diskusi bahkan mengatakan domain .bro tak ada hubungannya dengan diskriminasi terhadap kaum perempuan.

“Ini sangat bodoh. Orang yang tersinggung dengan kehadiran domain tersebut punya masalah dengan pikiran mereka. Itu (.bro) hanyalah ungkapan slang untuk menyebut teman lelaki. Mereka yang mempermasalahkan sebaiknya pergi ke dokter,” menurut dia.

Szabadka kembali menekel opini tersebut. “Saya bertanya ke teman saya yang hidup di budaya Amerika Utara dan merupakan seorang feminis. Menurutnya, .bro harus dilawan,” kata dia.

“Beberapa dari kita mungkin menganggap hal ini sepele dan tak perlu didiskusikan panjang lebar. Bahkan kita juga tak paham kenapa bisa ada orang yang tersinggung. Tapi, nyatanya banyak dari mereka yang bisa tersinggung dan alasan itu cukup kuat untuk tak menggunakan domain tersebut,” ia menambahkan.

Sebelumnya Pekan lalu, domain .bro telah diubah menjadi .br untuk meredam sensitivitas yang dimaksud. Pun begitu, Mozilla dan Google tetap menganggap jalan terbaik untuk menghindari berbagai masalah adalah dengan meniadakan sama sekali domain tersebut. (Nextren)

Hebat, Film ini Direkam Menggunakan Iphone

Membuat sebuah Film yang berkualitas ternyata tidak sepenuhnya harus menggunakan Kamera Profesional dan Canggih. Jika mempunyai budget terbatas, cukup dengan memanfaatkan kamera smartphone, sudah dapat memproduksi film profesional yang tak kalah bagusnya dengan film yang diproduksi menggunakan kamera profesional.

Seperti produksi Sebuah Film yang berjudul “ Tangarine ” yang direkam sepenuhnya menggunakan iphone 5s. Kamera dalam smartphone Apple tersebut dipakai untuk menggantikan kamera profesional.

Setelah dipamerkan di Sundance Film Festival, Tangerine juga telah ditayangkan secara terbatas di bioskop-bioskop AS, dan selanjutnya menuju Inggris.

Dikutip dari Cnet, Selasa (13/10/2015), Penulis dan Sutradara film, Sean barker dan Chris Bergoch berhasil membuat film yang spektakuler dengan tiga unit iPhone 5s saja.

iPhone-iPhone tersebut dipasangkan dengan adapter untuk menghasilkan gambar standar bioskop layar lebar serta menggunakan mounting khusus agar pergerakan kamera terasa halus.

Sementara itu Aplikasi video FiLMIC Pro dipakai untuk mengontrol fokus dan diafragma lensa secara manual.

“Hasilnya luar biasa,” demikian tulis Cnet.

Satu-satunya cara mengetahui bahwa film tersebut direkam dengan smartphone adalah depth-of-field yang lebar dalam kamera iPhone.

Alih-alih membuat background atau foreground terlihat blur, kamera ponsel merekam segalanya dengan jelas, bukan hanya tokoh di latar depan, namun orang-orang yang berlalu-lalang di latar belakang juga.

“Mobil-mobil yang lewat, rambu-rambu, billboard, stisker di jendela, semua terlihat fokus dan detil,” tulis ulasan yang dibuat oleh Cnet.

iPhone 5s bisa menjadi pengganti kamera profesional jika pembuat film memiliki bujet yang terbatas. Kini bayangkan apa yang bisa dilakukan pembuat film dengan iPhone 6s atau iPhone 6s Plus. (Nextren)

Berikut Trailer Film ” Tangerine” yang dapat anda tonton pada video berikut ini.

ILC 2015 di Tegal, KPLI Kendari Kirimkan Perwakilan

Suarakendari.com – Kegiatan Indonesian Linux Conference (ILC) 2015 akan segera digelar di Kota Tegal, Jawa Tengah 10-11 Oktober. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di 2 tempat berbeda yakni Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal sekaligus tempat pembukaan Kegiatan, seminar, konferensi, workshop, lomba dan Puncak acara KPLI Meeting yang akan digelar di Wana Wisata Guci Kabupaten Tegal.

Ritual Tahunan Komunitas Pengguna Linux Indonesia ini bakal dihadiri oleh Para Aktivis, Perwakilan Komunitas linux dan FOSS yang tersebar di Seluruh Indonesia.

Berdasarkan Informasi dari situs Resmi ILC 2015, Sekitar 11 Pembicara turut ambil bagian dalam kegiatan berskala nasional ini. Mereka akan membagi ilmu dan pengetahuanya terkait Linux dan opensource, Diantaranya Perkembangan Open Source di Indonesia oleh Rusman Maryanto, Implementasi Mail Server dengan jumlah User Puluhan Ribu Account pada Berbagai Lembaga & Perusahaan Besar oleh Masim Vavai Sugianto yang juga Founder Komunitas Opensuse Indonesia, Koha: Sistem Perpustakaan Terintegrasi oleh Andi Sugandi, Linux di Dunia Cloud Computing oleh Anjar Hardiena, IGN Internet of Things oleh Ibnu Yahya dan masih banyak lagi.

Dan tak kalah pentingnya adalah Puncak acara KPLI Meeting yang merupakan salah satu rangkaian Indonesia Linux Conference yang ditujukan khusus untuk perwakilan KPLI di seluruh Indonesia. Forum terbatas ini diadakan untuk membahas perkembangan gerakan yang dilakukan oleh KPLI sebagai ujung tombak penetrasi Linux dan open source di Indonesia.

Kegiatan berskala nasional ini bertujuan untuk mendorong pemanfaatan sistem operasi Linux baik personal, pendidikan, pemerintahan ataupun dunia bisnis.

Setelah Kota Tegal, Rencananya Indonesia Linux Conference 2016 akan di Gelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Untuk Itu KPLI Kendari pada ILC 2015 di Kota Tegal mengirimkan 1 orang perwakilanya sekaligus mempersentasikan kesiapan KPLI Kendari selaku tuan Rumah ILC 2016 Mendatang.

Waspada Email, Status Facebook dan Tweeter Kini Jadi Sasaran Penyadapan

Suarakendari.com-Kian majunya toknologi informatika membawa dampak positif dan negatif dalam masyarakat global dewasa ini. Positifnya karena komunikasi antarmasyarakat dunia kian dekat. Dan dampak negatifnya, tentulah digunakan untuk melakukan penyadapan antar negara. Inilah yang dialami sejumlah kepala negara yang sempat disadap para intelijen.     Mantan intel Amerika Serikat, Edward Snowden, membocorkan penyadapan itu melalui media-media di Brasil, Inggris, dan Australia. Ia diburu pemerintah Amerika Serikat setelah membawa setumpuk dokumen mata-mata dari National Security Agency (NSA).

Selain penyadapan dengan telepon, informasi penting bisa didapat dari mana saja, bahkan dari status dan e-mail seseorang. Dikutip dari Yahoo News, teknologi yang hadir sekarang ini malah bisa menjadi bumerang bagi para penggunanya sehingga informasi penting bisa dilacak dengan mudah. Berikut empat rinciannya:

  1. NSA Bangun Data Center untuk Baca Email

Mulai sekarang, hati-hati menyimpan data penting atau pribadi di e-mail, terutama di draft, karena mungkin saja NSA akan mengetahuinya. Dengan membangun data center di Utah, NSA bisa membaca berjuta-juta data sejak pembuatannya selesai September 2013 lalu.

Sebenarnya, jumlah internet traffic penggunaan e-mail masih sangat kecil untuk bisa dilacak. Namun, dengan hitungan aligoritma yang dibuat NSA, semua itu bisa jadi mungkin. Jadi, coba cek kembali dan amankan data yang terdapat pada e-mail Anda.

  1. FBI Punya Data Orang-orang Penting

Bekerja dengan perusahaan besar memang cukup menjanjikan, tapi ternyata informasi pada surat lamaran rentan kebocoran informasi. Jika nilai profil pelamar termasuk tinggi, dinas intelijen Amerika FBI akan segera melacak keberadaan orang itu.

Data pribadi Steve Job adalah salah satu yang dikuasai oleh FBI saat sedang mempertimbangkan bekerja untuk presiden Amerika ke-41, George HW, pada 1991. Selain Steve Job, musikus seperti John Lennon, Marilyn Monroe, Jimi Hendrix juga termasuk yang diawasi oleh FBI. Selain data personal, FBI juga mengklaim, mereka memiliki sejumlah data penting lainnya, seperti jaringan perdagangan ganja.

  1. Status Facebook dan Twitter

Selain teman atau follower, ternyata status Facebook dan Twitter bisa diawasi oleh lembaga keamanan di Amerika, Homeland Security. Tujuannya, agar pemerintah tahu jika tweet atau status seseorang mengandung informasi yang bisa mengancam keamanan atau terorisme. Orang-orang yang terkait dalam permasalahan tersebut akan langsung diawasi oleh mata-mata.

  1. Internet Service Provider (ISP)

ISP seringkali meminta pengunjung situs untuk menyimpan file atau mengisi sejumlah data. Terlihat tidak mencurigakan, tapi ternyata informasi penting seseorang bisa dilacak oleh organisasi mata-mata. Bahkan, dengan ISP, informasi tentang waktu dan jenis situs yang dikunjungi juga bisa dilacak. ISP biasanya menyimpan sejumlah data penting, misalnya logo perusahaaan, informasi bank, dan alamat IP. Informasi tersebut bisa diakses untuk menyelesaikan kasus pidana dan perdata bagi penegak hukum walaupun tanpa seizin pemiliknya. SK/Yahoo

Ahmed Mohamed, Dari Dituduh Rakit Bom, Hingga diundang Obama Ke Gedung Putih

Suarakendari.com – Dukungan moral dari seluruh dunia terhadap Ahmed Mohamed, Seorang Remaja Muslim AS yang ditangkap polisi karena dituduh membuat bom rakitan oleh gurunya rupanya semakin meluas. Bahkan Akun twitter miliknya sendiri telah mendapatkan dukungan dari ribuan Netizen di seluruh dunia.

[Baca Juga : Ahmed Mohammed, Pelajar Muslim yang Jadi Rebutan Facebook dan Google]

Bentuk dukungan moral netizen pada remaja muslim itu pun beragam. Beberapa diantara para netizen bahkan memposting gambar mereka yang sedang memegang berbagai jenis bentuk jam dinding sebagai bentuk dukungan kepada dirinya, Hingga Hastaq #IStandWithAhmed yang menjadi trending topik dunia.

Tak hanya masyarakat dunia, dukungan  pribadi juga datang dari seorang tokoh penting Amerika Serikat, Hillary Clinton turut serta menulis sesuatu di akun twitter milik Ahmed.

“Assumptions and fear don’t keep us safe—they hold us back. Ahmed, stay curious and keep building,” tulis Hillary yang diunggah 23 jam yang lalu dan mendapat 16 ribu retweet dari pengguna twitter .

Dan yang tak kalah hebohnya, dukungan dari orang nomor satu Amerika Serikat , Presiden Barrack Obama memberikan Dukungan melalui akin twitter miliknya @POTUS.

Dengan akun @POTUS, Obama menulis “Cool clock, Ahmed. Want to bring it to the White House? We should inspire more kids like you to like science. It’s what makes America great,” tulis Obama yang diretweet 390 ribu pengguna twitter.

Akun Twitter ini resmi diklarifikasi oleh Ahmed sebagai akun twitter resmi miliknya. Sebelumnya telah banyak yang membuat akun twitter palsu yang mengatasnamakan Ahmed Mohamed untuk alasan tertentu.

“This is my only official account, people are making fake accounts so if you can kindly report those pages it would be much appreciated,” tulis Ahmed yang diunggah 13 jam yang lalu dan sudah diretweet oleh 1.200 pengguna Twitter.

Sebelumnya Ahmed Mohamed ditangkap pihak kepolisian setempat saat membawa jam buatan sendiri ke sekolahnya yang berada di kawasan Irving, Texas. Pihak sekolah mengira jam tersebut merupakan bom rakitan

Ahmed Mohammed, Pelajar Muslim yang Jadi Rebutan Facebook dan Google

Suarakendari.comAhmed Mohammed seorang Pria Muslim, salah satu pelajar di MacArthur High School, di texas Amerika serikat ini, Pernah ditangkap pihak kepolisian hanya karena membawa Jam digital kreatif buatanya yang diduga Bom. Dia membawa perangkat jam hasil karyanya itu kesekolah untuk ditujukan pada gurunya agar bisa masuk klub robotik. namun karena Bentuknya menyerupai sebuah bom, sang guru malah curiga dan kemudian melaporkanya pada polisi setempat.

Saat diborgol, Ahmed sempat kebingungan. Berkali-kali ia berusaha menjelaskan kepada pihak kepolisian Irving jika benda buatanya tersebut bukanlah bom seperti yang dituduhkan padanya. Hingga akhirnya polisi percaya dan Ahmed pun dibebaskan.

Kasus penangkapan yang menimpa ahmed pun tersebar dan menghebohkan Amerika Serikat. Publik menilai tindakan polisi dan guru terlalu berlebihan dan diskriminatif.Banyak yang kemudian mendukung Ahmed. Termasuk Presiden AS Barack Obama yang juga mengundangnya ke Gedung Putih.

“Jam yang keren Ahmed. Maukah kamu membawanya ke Gedung Putih? Kita harus menginspirasi lebih banyak anak seperti kamu agar menyukai ilmu sains. Itulah yang membuat Amerika hebat,” tulis Obama di Twitter resminya.

Dukungan deras juga mengalir dari para raksasa teknologi. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengundang Ahmed ke kantor Facebook.

“Memiliki skill dan ambisi untuk membuat sesuatu yang keren harus dihargai, bukannya malah ditangkap. Masa depan dimiliki oleh orang seperti Ahmed. Ahmed, jika kamu ingin datang ke Facebook, aku ingin bertemu denganmu,” tulis Zuck di Facebook.

Sementara itu Google mengundang Ahmed untuk mengambil bagian dalam pameran sains yang mereka adakan.

“Bawalah jam kamu itu,” kata pihak Google.

Apresiasi juga datang Aaron Levie, pendiri perusahaan layanan cloud Box. Twitter juga mengundang Ahmed dan menawarinya untuk magang di sana.

Ahmed sendiri sudah memastikan akan datang ke Gedung Putih. Tapi untuk undangan dari Facebook, Google, Box dan Twitter, Ahmed belum menyatakan apakah akan memenuhi undangan mereka. (Detiknet)