Tari Kolosal Mondau akan Meriahkan Penutupan TMMD 104 Konawe

Suarakendari.com-Persiapan pementasan kesenian dalam rangka penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) 104 di Konawe mulai dilakukan. Salah satu atraksi budaya yang akan memeriahkan acara tersebut adalah pementasan tari kolosal “Mondau”.

Tarian ini akan melibatkan 150 penari, yang berasal dari siswa sekolah menengah kelas X-XII di Kecamatan Anggotoa. Mereka mulai berlatih dan mengadakan persiapan hari Minggu, (24/3/2019), bertempat di lapangan Kecamatan Anggotoa.

Mondau sendiri dalam bahasa daerah suku Tolaki yang berdiam di Sulawesi Tenggara, berarti bertani/berladang. Tarian ini merupakan simbol ungkapan rasa syukur TNI bersama masyarakat, dalam kegiatan TMMD yang berjalan sukses dengan dukungan semua pihak.

Saat ditanya mengenai pementasan tari ini,
Dansatgas TMMD 104 Konawe, Letkol Cpn Fajar Wijaya, menjelaskan, “Kami ingin mengangkat dan menyegarkan kembali kearifan lokal masyarakat Konawe, sebagaimana visi Kabupaten Konawe yaitu Mondau (bertani), Walaka (beternak) dan Aepe (membuat kolam ikan)”

Program “Sejuta Sapi” yang dicanangkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, misalnya, mendapatkan dukungan penuh dari TNI dalam TMMD 104 ini, dalam bentuk kegiatan IB (Inseminasi Buatan) dan peningkatan JUT (Jalan Usaha Tani). UT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.