Target Swasembada Daging, Sultra Kirim 60 Orang Belajar Beternak ke Australia

0

SUARAKENDARI.COM-Sebanyak 20 peternak sapi dan 40 mahasiswa akan dikirim ke Australia untuk belajar teknik beternak. Hal ini diungkapkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam di Kendari, Jumat.

“Kami akan mengirim 60 orang untuk mempelajari langsung cara peternak di Australia agar bisa dilakukan di Sultra,” kata Nur Alam pada wartawan.

Menurutnya, program pengiriman peternak di Australia itu akan disingkronkan dengan Program Cerdas Sultraku sehingga akan mengirim 40 mahasiswa dan 20 orang peternak asli.

“Maksud kita melakukan ini sebagai bentuk keseriusan kami bahwa daerah ini ingin menjadi pemasok daging nasional,” katanya.

Pengembangan ternak sapi di Sultra akan dipadukan dengan pengembangan tanaman kakao.

“Artinya ternak sapi akan dikembangkan di daerah yang memiliki perkebunan kakao karena kulit kakao sangan baik untuk pakan ternak,” katanya.

Menurut Gubernur Nur Alam, satu hektare lahan kakao bisa menyiapkan pakan untuk dua ekor ternak sapi melalui kulit kakao hasil panen.

“Sehingga petani kita bisa melakukan dua hal itu yakni menanam atau memihara kebun kakao dan ternak sapi,” katanya. SK/AT

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.