Sedimentasi Lumpur Tambang dan Perkebunan Sawit Cemari Sungai Pohara

0

KONAWE, SUARAKENDARI.COM-Sungai Pohara yang melintasi wilayah adminitratif Kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara kini dalam fase mengkawatirkan. Pasalnya, sedimentasi lumpur tambang dan aktifitasi eksplorasi perkebunan sawit telah menyebabkan sumber air bersih yang menjadi bahan baku PDAM Kota Kendari tercemar berat.

Dari pantauan di lokasi nampak kualitas air telah berubah dari bening menjadi begitu keruh kemerahan. Setidaknya ada 35 ribu warga pelanggan PDAM bergantung pada sumber air Pohara dan mengancam kelangsungan ekonomi warga di sekitar Pohara Sampara. Selama ini Pohara menjadi sumber hidup ribuan penambang pasir dan pencari kerang pokea. “Sejak tambang dan perusahaan sawit beroperasi, kualitas sungai pohara telah tercemar berat,”kata Aziz Karim, warga Pohara.

Seperti diketahui, sejumlah perusahaan sawit dan perusahaan telah mulai melakukan ekspansi di wilayah Sampara sejak dua tahun belakangan. aktifitas yang kian massiv dan tidak memperhatikan kaidah pengelolaan lingkungan yang baik, menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan yang luar biasa dampaknya. WY

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.