Sebagian Besar Jalan di Wilayah Buton Utara Rusak Berat

Suarakendari.com-Cukup memprihatinkan, sebagai salah satu daerah penghasil aspal kondisi jalan di Buton Utara justeru mengalami rusak berat khususnya jalan di kecamatan Kambowa, kecamatan Bonegunu yang selama ini menjadi akses jalan penghubung Buton Utara dan Kota Baubau. Ironisnya, kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya. “Kami sudah tidak tau mau bilang apalagi soal jalan di sini, sudah bertahun-tahun dibiarkan rusak seperti ini, entah kemana nurani pemerintah kita,”kata Firman, warga Kambowa.

Pemerintah Buton Utara dinilai telah melakukan pembiaran karena warga sudah berkali-kali menuntut perbaikan jalan di wilayah ini. “Sudah berulangkali warga demo tapi tidak ada juga tanggapan baik dari wakil rakyat maupun pemerintah,”ungkapnya.

Saat jurnalis suarakendari.com melakukan perjalanan ke wilayah ini nampak akses jalan sebagaian besar sudah mengalami kerusakan parah, bahkan sebagian jalan di wilayah Kambowa dan Bonegunu sudah menjadi kubangan. Demikian pula jalan dari wilayah Labuan Bajo sudah tidak beraspal.

Diperkirakan Akses jalan yang rusak mencapai 100 KM yang menghubungkan lebih dari empat kecamatan di Buton Utara.

Seorang sopir asal Kambowa mengaku sangat tersiksa dengan kondisi ini, “Konsisi jalan ini telah mematikan usaha ekonomi Kami. Setiap bulan onderdil mobil pasti diganti,”kataUsman.

“Tolong pak, dimuat ke media, beritahu Pak Bupati Butur kalau Kami ini juga masih bagian dari Buton Utara, tolon Pak bupati perbaiki jalan di sini (kambowa, bonegunu,Red) “ujar Usman. SK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.